Skip to main content

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM. Berawal dari akun istagram saya yang ditantang oleh Gisela Anastasya untuk mengikuti tantangan Program Bekal Masa Depan Chil Go (BMD Chil Go), dan langsung saya iyain, akhirnya saya mulai memikirkan masa depan Baby Juna yang baru berusia 20 bulan. Selama ini sih saya masih nyantai saja, soalnya Baby Juna masih kecil. Etapi ternyata pemikiran saya itu salah kaprah, saya seharusnya sudah menyiapkan bekal masa depan Arjuna sedari usia dini.



Bekal masa depan Baby Juna bukan soal dana pendidikan saja loh ternyata, tapi kecerdasan adalah bekal utama bagi masa depan Baby Juna. Nah kalau dananya tersedia tapi kemampuannya tidak ada, bagaimana? Apa bisa tuh mewujudkan cita-cita Baby Juna?




Apa Saja Sih Yang Perlu Disiapkan Untuk Bekal Masa Depan?

1.     Kenali kecerdasan Si Kecil
Ada 6 langkah aktivasi multitalenta anak, yaitu :
a.    Kecerdasan multitalenta
b.    Pertahanan tubuh ganda
c.     Tumbuh kembang optimal
d.    Gaya belajar
e.    Pola asuh
f.    Kecerdasan emosi

Dan, menurut Dr. Howard Garder, seorang psikolog dari Universitas Harvard, mengemukakan sebuah konsep yang menjebatani keterkaitan antara kecerdasan dan talenta. Konsep ini dikenal sebagai Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk.

Multiple Intelligence atau Kecerdasan Majemuk ini dibagi menjadi 8, yaitu : Linguistik, Logika Matematik, Musikal, Kinestetik, Visual Spasial, Interpersonal, Intrapersonal dan Naturalis. Dan yang perlu diketahui sebagai orang tua, bahwa ada beberapa kecerdasan alami dalam setiap manusia dan sudah dapat dideteksi sejak ia masih muda. Untuk mengetahui kecerdasan itu, para orag tua sebaiknya semakin intens dalam proses stimulasi, karena dari proses stimulasi itu kita akan mengetahui kecerdasan apa yang paling menonjol yang dimiliki oleh Si Kecil.



Mengetahui kecerdasan Si Kecil itu sangat penting sekali. Karena ini sangat berpengaruh dalam mewujudkan masa depan dan cita-citanya.

Salah satu cara menstimulasi anak adalah dengan membuat permainan sederhana di rumah. Saya sering melakukan hal ini. Tidak harus memberinya mainan yang mahal atau membuat permainan yang rumit, etapi kita bisa membuat permainan yang sederhana tapi bisa mengoptimalkan kecerdasannya.

Berikut adalah beberapa contoh permainan sederhana yang saya mainkan bersama Baby Juna :
ð  Membuat kereta Thomas dari Kardus dan Kaleng Bekas
Akhir-akhir ini, Baby Juna sangat suka sekali dengan film kartun Thomas. Bahkan, menjelang tidur dan bangun tidur, dia selalu mencari Thomas enpen (Thoma And Friends). Baby juna suka sekali menonton filmnya yang saya downloadin di tabletnya, Baby Juna juga membeli kereta Thomas.



Nah, karena kesukaan Baby Juna dengan Thomas ini, maka muncullah ide untuk membuatkan kereta Thomas dengan memanfaatkan kardus dan kaleng susu bekas.

Dan kereta Thomas pun jadi. Di sini, ada pembelajaran yang bisa dipelajari oleh Baby Juna. Yaitu mengenal bentuk, bentuk kotak (kardus bekas) dan tabung. (kaleng susu bekas).

Tahukah Bunda, mengenal bentuk ini adalah salah satu cara visual dalam menstimulasi kecerdasan logika-matematik.



ð  Memainkan drum dari kaleng bekas, menari dan menyanyi
Di rumah banyak sekali kaleng susu bekas, rasanya kok sayang kalau dibuang begitu saja. Akhirnya saya punya ide untuk membuatkan Baby Juna drum-druman dari kaleng susu bekas.

Selain bermain drum-druman, saya juga sering sekali mengajak Baby Juna mendengarkan musik. Baby Juna pun langsung berjoged saat saya memturkan salah satu lagu kesukaannya, Abang Tukang Bakso.



Dan, saya juga mengajari Baby Juna bernyanyi. Sebelum tidur biasanya Baby Juna saya nyanyikan lagu Nina Bobok. Makanya, Baby Juna bisa menyanyikan lagu Nina Bobok meski belum hafal liriknya dari awal sampai selesai, tapi nadanya sudah bisa. Baby Juna juga sudah mulai menyanyikan lagu Topi Saya Bundar.

Nah Bunda, bermain drum, menari dan menyanyi ini adalah salah satu cara menstimulasi kecerdasan musikal bagi Si Kecil.

Kalau untuk saat ini, di usia Baby Juna yang menginjak 20 bulan, Baby Juna memang sedang suka sekali menyanyi.

ð  Bermain kartu pembelajaran
Kartu-kartu bergambar ini sebenarnya bisa saya dapatkan di toko buku atau di toko mainan. Etapi tidak ada salahnya loh membuat sendiri. Karena dengan membuat sendiri dan gambarnyapun bisa memilih sendiri.




Kartu pembelajaran ini, saya mengenalkan macam-macam kendaraan, macam-macam buah, macam-macam hewan dan juga angka. Secara, Baby Juna juga sudah mulai bisa berhitung dari 1 s.d 10. Etapi angka 6 masih sering salah, jadi setelah 5 kembali lagi ke 4 baru kemudian 7.

Nah Bunda, kartu pembelajaran ini adalah salah satu cara menstimulasi kecerdasan logika matematik (pengenalan angka), kecerdasan visual-spasial (anak mampu mengenal gambar-gambar) dan kecerdasan naturalis (anak mampu mengenal kendaraan, hewan dan buah).




ð  Bermain warna dengan permainan finger paint dan flubby jelly
Permainan yang satu ini adalah sensory play dalam mengoptimalkan panca indera peraba bagi Si Kecil. Si Kecil mampu mengenal berbagai tekstur dan warna, karena saya sengaja membuat adonan dengan warna yang berbeda-beda.




ð  Belajar berbagi
Anak kecil itu biasanya pelit dan suka dengan barang milik temannya. Kalau itu dibiarkan, itu tidak baik bagi anak. Makanya, sedari usia dini, ada baiknya loh mengajari anak agar tidak pelit dan tidak suka mengambil barang milik teman.

Kalau yang saya ajarkan ke Baby Juna adalah berbagi makanan dan meminjamkan mainan kepada teman.



Bunda, ini juga salah satu cara stimulasi mengoptimalkan kecerdasan interpersonal anak loh.


2.    Dana Pendidikan
Sudah tahu, kecerdasan apa yang paling menonjol pada Si Kecil? Si Kecil punya cita-cita? Jangan sampai cita-cita Si kecil tidak terwujud gara-gara dana pendidikan tidak ada ya, Bund?

Dan salah satu cara menyiapkan dana pendidikan anak adalah dengan menyiapkan tabungan pendidikan, asuransi pendidikan dan Bunda-bunda juga bisa ikut Program Bekal Masa Depan Chil Go (BMD Chil Go) loh.

Program Bekal Masa Depan Chil Go (BMD Chil Go)



Bekal Masa Depan Chil Go (BMD) dari Morinaga Chil Go ini berupa dana asuransi untuk pendidikan anak sebesar 3 milyar untuk 3000 orang. Siapapun bisa mengikuti program Bekal Masa Depan Chil Go. Caranya, bapak/ibu harus mendaftar dulu di web www.bekalmasadepan.com dan mengirimkan ide kreatif menstimulasi Si Kecil untuk mengoptimalkan kecerdasannya.

Salah satu contoh ide kreatif saya adalah permainan-permainan yang saya jelaskan di atas. Jika bapak/ibu punya ide permainan lain, bapak/ibu bisa banget loh ikutan program Bekal Masa Depan. Kan lumayan kalau dapat dana asuransi pendidikan buat Si Kecil.

Dan cara bergabung bersama Bekal Masa Depan Chil Go adalah sebagai berikut :


Setelah sudah mendapat kode verifikasi, langsung daftar saja ke web , lalu :

1. Klik DAFTAR atau CONNECT WITH FACEBOOK
2. Isi data email, data diri dan data Si Kecil
3. Setelah profil lengkap dan mendapat email notifikasi, langsung log in dan klik kirim ide
4. Klik kode unik sudah punya dan masukkan kode unik 
5. Lalu, pilih ide kecerdasan dan ceritakan ide permainannya, jangan lupa upload foto dan masukkan url video youtubenya ya?
6. Done dan silahkan tunggu verifikasinya



Dan berikut adalah 2 contoh ide permainan yang sudah saya submit di web Bekal Masa Depan :




3.    Jangan lupa minum Chil-go
Makanan bergizi adalah salah satu hal yang berperan penting dalam pembentukan kecerdasan. Nah, Morinaga chil go ini salah satunya. Morinaga chil go ini merupakan pendamping dari susu Morinaga Chil Kid atau Chil School yang dapat diminum secara praktis sebagai bekal sekolah dan bermain diluar rumah. Morinaga chil go merupakan produk inovasi baru dari Kalbe  & Morinaga dalam bentuk susu cair siap minum dengan keistimewaannya: Sinergi Nutrisi Tepat antara faktor kecerdasan dan pertahanan tubuh ganda untuk Generasi Platinum Multi Talenta.




Nah bunda-bunda, sudah tahu tentang Morinaga Chil Go? Sudah tahu pula Program Bekal Masa Depan Chil Go? Dan sudah tahu contoh permainan yang bisa menstimulasi Si Kecil demi mengoptimalkan kecerdasanya, kalau gitu yuk bergabung dengan Bekal Masa Depan Chil Go dan menangkan hadiahnya. :)

Dan ini Baby Juna yang selalu ada Morinaga Chil Go di setiap aktivitasnya :








Facebook : Morinaga Platinum
Twitter: @Morinagaid
Instagram : @MorinagaPlatinum

Comments

  1. Wahhh lengkap bgt panduannya.. pengen belajar kreatif jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUK Mak, bermain sambil belajar :)
      seru dan menyenangkan loh...

      Delete
  2. Kereen mobil2an dari Kardusnyaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan mobil, Mbak... pura-puranya kereta Thomas, hehehe

      Delete
  3. Inspiratif...mau bikin mainan gt jg ahh

    ReplyDelete
  4. Kereen ih yg nantang seleb. Mak Witri juga rajin dan kreatif banget deh nyiapin kegiatan yg seru buat Juna.
    Jadi pengen bikin2 lagi nih bareng krucils..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mak, bikin
      lebih ngirit plus emak jadi kreatif nih..

      Delete
  5. Mama Juna kereen iih, kreatif. bannyak nih permainannya ;)
    lucu yah Juna empat, lima, empat, tujuh dong yah? gpp Juna, nanti juga jadi juara berhitung yah, Ganteng ;)

    ReplyDelete
  6. banyak banget mainannya Juna Mba, mana mainannya keren-keren lagi *jempol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. hobi ngoleksi nih
      Emaknya gampang pengen

      Delete
  7. Wah lengkap witri... Kreatif lagi emaknya

    ReplyDelete
  8. Wahhh...kreatif banget mama juna ini...salut banget...saya kalo disuruh bikin maenan dari bahan bekas masih sering gagal fokus malah ga jadi nemu ide >,<

    ReplyDelete
  9. Emak muda yang satu ini emang banyak idenya. Aku contek buat main anakku yaaaaa :D

    ReplyDelete
  10. kaya io seneng main musik.. Main kaleng hihihi
    Keren tapi mama Juna mah banyak pilihan permainannya kreatif ihh hihi
    Seneng ya anak aktif salam buat Juna

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi... dari banyaknya mainan itu jadi tahu mana kesukaannya Arjuna Mak...

      Salam juga buat iooo :)

      Delete
  11. Dulu waktu Fathir belajar berhitung, pake sistem kartu juga laho :)

    Ayoook dek Juna belajar berhitung sambil minum susu chil-go :))

    ReplyDelete
  12. Ini Orangtuanya kreatif, anak pun juga. He...
    IDenya cukup jitu mbak, memnafaatkan barang bekas. YAng pasti kecerdasaan anak teransang dan kemungkinan bisa diketahui mereka condong kecerdasan yg sperti apa dan bagaimana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, bener banget
      Untuk saat ini, kecerdasan musikalnya paling menonjol

      Delete
  13. Ada Thomas ya...anak saya juga senang sekali dengan Thomas si Kereta Uap. Dia sampai punya koleksi buku Thomas dan mainannya. Kalo untuk dibuatin miniatur Thomas pakai dus, kayaknya anak saya udah gak muat..he...he...he, kekecilan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juna belum punya bukunya, emaknya lihat harga bukunya sepaket langsung kedip-kedip
      baru punya mainan keretanya ajah... doain emak punya rejeki buat beli buku paket thomas :)

      Delete
  14. Juna seneng bgt itu bs dibuatin kereta

    ReplyDelete
  15. Kreatif banget, Mbak. Mainannya banyak yang bikik sendiri dan edukatif. :)

    ReplyDelete
  16. Ahh jadi pengen cepet punya baby cepey gedee liatnya gemes deh bisa di ajak main gitu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk ah... punya anak itu menyenangkan sekali lohhh

      Delete
  17. Kereeenn, mama juna kreatif mau bikinin macam-macam buat stimulasi buah hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus Mak, soalnya kalau semua beli mah mahaaalllll

      Delete
  18. Kakak Juna suka Thomas ya... sama kek Hasna.. Lucu juga bikin kereta Thomas dari kardus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka banget Onty, Dek Hasna sini ayok mainan sama Kak Juna

      Delete
  19. Iya mba setuju banget nih. Penting banget buat para orang tua mengenali kecerdasan anaknya. Biar stimulasinya juga beda2 ya..

    Mainan abang Juna banyak sekali. Selalu sehat ceria ya Nak..

    ReplyDelete
  20. Keren, kreatif dan videonya lucu deh.

    ReplyDelete
  21. Idenya kreatif banget. Plus bisa mengasah semua jenis kecerdasan.
    Keren mak. Contek ya idenya *ujungnya gak enak banget* wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo-monggo, Mak

      *happy kalo ada yang nyontekk :)

      Delete
  22. Mbaaaa aq mau ikutan tapi ga mudeng cara upload video nya kmn? Ke youtube atay sosmed? Perlu di tag/mention ke bmd morinaga nya gak? Apa bisa dari youtube melakukan tag/ mention? Mohon bantuannya ya mba. Thankd

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH
MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH. Bahagia itu pilihan, tergantung bagaimana kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita. Kita enggak bisa mengatur mulut banyak orang, tapi kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita agar kita bisa BAHAGIA.
Kalau saya pikir sih, iya juga. Efek terlalu mikirin apa kata orang dan enggak mau dinyinyirin itu yang terkadang menjadi beban pikiran dan ujung-ujungnyan saya jadi enggak bahagia. Padahal, apapun yang ada di dunia ini pasti bakalan dinyinyirin juga. Entah itu baik atau buruk, kita enggak bisa memuaskan apa kata banyak orang.

Dulu, iya tahun lalu mungkin tepatnya, saya masih saja jadi ibu yang baper dan terlalu mikirin kata  orang. Endingnya, saya jadi enggak bahagia sendiri, mau ngapain takut dinyinyirin, mudah emosi dan keluarga jadi imbasnya. Bahkan, saya sampai mengalami krisis kepercayaan pada orang-orang terdekat.
Tapi semua sudah lewat yah, semenjak pertengahan Januari lal…

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL. Sudah punya rencana mau liburan, tapi gagal total karena Si Kecil demam. Pernah ngalaminnya enggak, Mak? Kalau saya sih pernah ngalaminnya. Jauh-jauh hari sudah berencana liburan, sudah bikin list mau ke mana dan ngapain saja sampai sudah nyiapin semuanya, eh tapi...
Kecewa dan sedih sih pasti. Etapi lebih sedihnya lagi itu ngelihat Si Kecil yang dikit-dikit rewel. Jangankan jadi mikirin liburan, mikirin gimana nurunin demamnya Si Kecil dan bikin Si Kecil ceria kembali saja sudah menguras pikiran. Huft...


Sebenarnya, demam itu bukanlah penyakit loh, Mak. Akan tetapi, demam merupakan sebuah gejala. Dan biasanya, demam lebih sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun karena sistem kekebalan pada bayi belum terbentuk secara sempurna.
Penyebab demam sendiri juga bukan suatu yang serius atau gawat. Akan tetapi, sebagai ibu, kita perlu mengetahui apa penyebab demam. 1.Infeksi saluran pernafasan : infeks…

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS
MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS. Anaknya minum sufor? Banyak kaleng susu bekas? Kenapa enggak dimanfaatin saja buat bikin mainan?


Berawal dari kaleng susu bekas, bisa dibuat permainan loh. Kalau Arjuna itu, kaleng susu bekasnya suka banget buat mainan. Mulai dari disusun sampai setinggi-tingginya sampai dibikin drum.

Dan melihat Arjuna suka mukul-mukul kaleng susu bekasnya dengan ngasal, akhirnya sayapun punya ide, kenapa enggak dibikin drum saja? Alat pemukulnya sendoknya? So, kaleng dan sendoknya bakalan bermanfaat dari pada harus nganggur cantik di tempat sampah.


Oke, mari kita eksekusi, gimana sih caranya bikin drum dari kaleng susu bekas? Yang jelas sih gampang banget. Siapin ajah alat dan bahannya : kaleng susu bekas, sendok susu bekas, rafia, gunting dan solasi.
Cara bikin drum dari kaleng susu bekas : 1.Kumpulin kalengnya jadi satu 2.Lalu ikat dengan rafia (diikat supaya menjadi satu, biar enggak bececeran)

Cara bikin pemukul drum dari send…