Skip to main content

Manfaat menyusui bayi

ASI adalah minuman terbaik untuk bayi Anda,manfaat menyusui sangat besar bahkan melebihi khasiat dari makanan bayi apapun. Selain mengandung semua vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan bayi pada enam bulan pertama, ASI juga menandung zat pelawan penyakit yang melindungi bayi Anda dari penyakit.
Itulah salah satu alasan semua dokter  merekomendasikan pemberian air susu ibu eksklusif selama enam bulan. Dan studi ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat menyusui juga sangat baik bagi Anda sebagai Ibu juga.

Berikut adalah beberapa manfaat air susu Ibu bagi bayi Anda yang wajib Anda tahu.

Manfaat menyusui bayi Anda melindungi bayi Anda dari berbagai penyakit

Satu studi besar oleh Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat ASI memiliki risiko 20 persen lebih rendah meninggal antara usia 28 hari hingga 1 tahun dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan air susu ibu, dengan menyusui bayi bisa dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dan mafaat lainnya yang sangat dahsyat.
Sejumlah penelitian dari seluruh dunia telah menunjukkan bahwa virus perut, penyakit pernapasan bawah, infeksi telinga dan meningitis sering terjadi pada bayi yang tidak di beri ASI ekslusif. ASI eksklusif (artinya tidak ada makanan padat, susu formula atau air ) selama setidaknya enam bulan akan melindungi bayi Anda dengan sangat baik.
Menyusui adalah perlindungan terhadap penyakit yang tidak bisa di hasilkan dari susu apapun. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat menyusui dapat mengurangi risiko anak terkena kanker pada anak tertentu. Para ilmuwan tidak tahu persis bagaimana ASI mengurangi risik , tetapi mereka berpendapat antibodi dalam ASI dapat memberikan sistem kekebalan tubuh yang sangat bagus.
Manfaat menyusui juga dapat membantu anak-anak terhindar dari penyakit yang menyerang di kemudian hari seperti diabetes tipe 1 dan tipe 2, kolesterol tinggi, dan penyakit inflamasi usu. Bahkan bayi prematur yang tidak diberikan ASI cenderung memiliki tekanan darah tinggi pada saat mereka remaja.
Faktor imun yang di hasilkan ASI adalah zat yang disebut imunoglobulin sekretorik A ( IgA ) yang ada dalam jumlah besar di kolostrum susu pertama tubuh Anda memproduksi untuk bayi Anda. Dengan memberi ASI sama juga menjaga bayi Anda dari kuman dengan membentuk lapisan pelindung pada selaput lendir di usus bayi Anda, hidung dan tenggorokan.
Untuk bayi yang tidak diberi ASI, peneliti telah mendokumentasikan hubungan antara kurangnya menyusui dan kemudian perkembangan penyakit Crohn dan kolitis ulserativa .
Manfaat menyusui dapat melindungi bayi Anda dari masalah alergi
Bayi yang diberi susu dari susu sapi atau kedelai cenderung memiliki reaksi alergi lebih daripada bayi yang di beri ASI .
Para ilmuwan berpikir bahwa faktor imun seperti IgA sekretori( hanya tersedia dalam ASI ) membantu mencegah reaksi alergi terhadap makanan dengan memberikan lapisan perlindungan ke saluran usus bayi. Tanpa perlindungan ini peradangan dapat mengembangkan dan dinding usus dapat menjadi  bocor. Hal ini memungkinkan protein tercerna untuk menyeberangi usus di mana mereka dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah kesehatan lainnya .
Bayi yang diberi susu formula ketimbang ASI tidak mendapatkan lapisan ini perlindungan, sehingga mereka lebih rentan terhadap peradangan, alergi dan masalah kesehatan lainnya.
Menyusui dapat meningkatkan kecerdasan anak Anda
Berbagai peneliti telah menemukan hubungan antara menyusui dan perkembangan kognitif. Dalam sebuah studi terhadap lebih dari 15.000 bayi diikuti dari lahir sampai 6 1/2 tahun, peneliti menyimpulkan dari nilai IQ dan tes kecerdasan lain yang menyusui secara terus menerus dan eksklusif secara signifikan meningkatkan perkembangan kognitif .
Studi lain hampir 5.000 anak-anak menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI memiliki skor signifikan lebih tinggi pada tes kosa kata pada usia 5 tahun dibandingkan dengan anak yang tidak di beri ASI.
Bayi prematur dengan berat lahir sangat rendah yang menerima ASI segera setelah lahir bisa mendapatkan perkembangan mental mereka pada 18 bulan bila dibandingkan dengan bayi prematur yang tidak diberi ASI. Dalam studi selanjutnya peneliti menemukan bahwa skor yang lebih tinggi diadakan di 30 bula dan bahwa bayi yang menerima ASI juga sangat jarang dirawat di rumah karena infeksi pernapasan.
Para ahli mengatakan bahwa ikatan emosional yang terjadi selama menyusui mungkin memberikan kontribusi untuk beberapa manfaat kekuatan otak, tetapi bahwa asam lemak dalam ASI dapat memainkan peran terbesar .
Menyusui dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker
Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa semakin lama wanita menyusui, semakin mereka dilindungi terhadap payudara dan kanker ovarium. Untuk kanker payudara, menyusui selama setidaknya satu tahun tampaknya memiliki efek yang paling protektif.
Ini tidak sepenuhnya jelas bagaimana menyusui membantu, tapi mungkin ada hubungannya dengan perubahan struktural dalam jaringan payudara yang disebabkan oleh menyusui dan fakta bahwa menyusui menekan jumlah estrogen tubuh yang di produksi oleh tubuh. Peneliti berpikir efek pada kanker ovarium mungkin terkait dengan penekanan estrogen juga.
Menyusui adalah proses alamiah tapi itu tidak berarti mudah. Jangan ragu untuk menghubungi penyedia layanan kesehatan Anda atau konsultan kesehatan jika Anda membutuhkan bantuan atau dukungan.
Menyusui dapat melindungi anak Anda dari obesitas
Para ahli dan Dokter merekomendasikan menyusui sebagai cara untuk membantu mengurangi risiko anak Anda menjadi kelebihan berat badan atau obesitas. Sebuah analisis dari 17 studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa menyusui mengurangi risiko anak menjadi kelebihan berat badan sebagai remaja atau orang dewasa. Efek terkuat adalah pada anak yang disusui secara eksklusif, dan semakin lama bayi itu disusui akan semakin bagus.
Para ahli menilai bahwa menyusui dapat mempengaruhi kenaikan berat badan untuk beberapa alasan :
-Bayi yang diberi ASI lebih baik sampai bayi kenyang, yang mengarah ke pola makan sehat saat mereka tumbuh .
-ASI mengandung insulin kurang dari susu formula( Insulin merangsang penciptaan lemak).
-Bayi yang diberi ASI memiliki lebih leptin dalam sistem mereka, hormon yang peneliti percaya memainkan peran dalam mengatur nafsu makan dan lemak.
-Dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI, susu formula bayi menambah berat badan lebih cepat dalam minggu-minggu pertama. Ini kenaikan berat badan yang cepat dikaitkan dengan obesitas nanti.
Menyusui dapat menurunkan risiko bayi Anda dari SIDS
Sebuah penelitian di Jerman besar yang diterbitkan pada tahun 2009 menemukan bahwa menyusui baik secara eksklusif atau sebagian dikaitkan dengan rendahnya risiko sindrom kematian bayi mendadak( SIDS ). Para peneliti menyimpulkan bahwa pemberian ASI eksklusif pada usia 1 bulan mengurangi risiko SIDS 50%
Manfaat menyusui dapat mengurangi tingkat stres Anda dan risiko depresi postpartum
The National Institutes of Health terakhir lebih dari 9.000 abstrak penelitian dan menyimpulkan bahwa wanita yang tidak menyusui atau yang berhenti menyusui sejak dini memiliki risiko lebih tinggi depresi postpartum .
Banyak wanita yang melaporkan merasa lebih positif dan rilex setelah menyusui. Itu karena menyusui memicu pelepasan hormon oksitosin. Sejumlah penelitian pada hewan dan manusia telah menemukan bahwa oksitosin meningkatkan relaksasi. Oksitosin dilepaskan saat menyusui juga membantu rahim berkontraksi Anda setelah lahir sehingga kurang perdarahan postpartum.
Satu studi menemukan bahwa wanita yang memiliki jumlah tinggi oksitosin dalam sistem mereka (50 persen ibu menyusui dibandingkan dengan 8 persen dari ibu yang tidak menyusui).
Jika Anda sedang dirawat karena depresi, Anda masih bisa menyusui bayi Anda. Praktisi kesehatan Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi cara aman untuk mengobati depresi Anda saat menyusui .

Comments