Skip to main content

MENU PIRING GIZI SEIMBANG SO GOOD CHICKHEN NUGGET DINOBITES


MENU PIRING GIZI SEIMBANG SO GOOD CHICKHEN NUGGET DINOBITES

“Juna, ayo makan...”

“Enggak mau, Juna sudah kenyang!”

Atau...

Uhuk... uhuk... (pura-pura batuk)

Akhirnyaaa...

“Juna mau makan apa?” Tanya Mama dengan lembut.

“Sama telor goleng...”

Atau...

“Juna mau ayam goleng!”

***

Masa iya setiap hari makannya sama telur goreng atau ayam goreng terus? Sayurnya?

Si Mamahpun akhirnya pusing. Enggak mau makan? Pusing! Mau makan? Itu lagi-itu lagi?! Pusing juga...


Hingga akhirnya, weekend kemarin saya mencoba menu baru untuk Arjuna. Saya ke minimarket dan membeli So Good Chickhen Nugget Dinobites. Secara nih ya, Juna itu lagi suka banget sama dinosaurus. Nonton youtube pastinya nonton dinosaurus. Soal mainanpun juga, dia mulai mengoleksi dinosaurus.

Dan tarrraaaaa...

Sewaktu saya menggoreng nuggetnya, tuh anak sudah nanya-nanya. “Mamah bikin apa?”

Dengan rayuan Mamah, “Mamah goreng dinosaurus. Juna mau? Biar hebat, dinonya kalah....”


Ngemillah dua chickhen nugget dinobites.

Akan tetapi...

Mamah kembali pusing. Nih anak kok Cuma ngemil nuggetnya. Sayurnya?

Puter otak lagi...

***

Sebagai emak-emak yang tidak jago masak, urusan makan anak itu adalah momok tersendiri buat saya. Seperti yang saya ceritakan di atas, anak mau makan? Pusing? Karena makannya itu aja-itu aja! Anak tidak mau makan? Tambah pusing... Lantas? Ya harus pinter-pinter merayu anaknya dan mencari tahu apa kesukaan anaknya.

Dan hari Minggu kemarin itu, akhirnya saya berkolaborasi sama Pak Wends membuat menu piring gizi seimbang buat Juna. Yups... gizi seimbang, Moms.

Apa sih Gizi Seimbang itu?

Sebelumnya, saya mau jelasin dulu Moms soal gizi seimbang ini. Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Seberapa banyak kebutuhan gizi setiap orang tentunya berbeda, tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.


sumber : So Good

Jadi ya Moms, makan itu jangan asal kenyang. Akan tetapi, kita perlu memperhatikan gizinya. Kita harus memperhatikan zat-zat apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu : karohindrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air.

Dan Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan. Adapun yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :
1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Nah, maka dari itu, sebagai seorang ibu, saya selalu pusing jika anak saya makannya hanya sama itu saja-itu saja. Saya harus pintar-pintar mencari menu yang menarik perhatiannya. Apalagi Juna itu anaknya aktif, ada beberapa jenis zat nutrisi yang perlu mendapat perhatian khusus untuk mendukung performanya yang aktif bermain dan sekarang juga suka banget olahraga sepak bola. Nutrisi khusu yang harus saya perhatikan yaitu: karbohindrat, protein, vitamin C dan E, vitamin B, kalsium dan zat besi.

Soal karbohindartnya Moms, saya dapatkan dalam sepiring nasi. Sementara untuk proteinnya sekaligus vitamin E-nya, Alhamdulillah Juna itu suka sekali dengan telur dan dia juga doyan banget sama chickhen nugget dinobites. Untuk vitamin C sendiri biasanya dari buah jeruk. Juna suka sekali sama jeruk. Kalau soal kalsium, biasanya saya dapatkan dari sayuran hijau dan zat besinya dari daging.

Setelah tahu soal makan itu tidak hanya kenyang, tapi juga harus memperhatikan gizinya.Akhirnya saya dan Pak Wends membuat menu piring gizi seimbang.



Jadi, dalam sepiring nasi itu ada chickhen nugget dinobites, jeruk, ongseng telur puyuh campur tempe, brokoli, dan wortel serta ada buah jeruknya. Saya dan Pak Wends sengaja menatanya seperti apa yang Juna lihat di youtube. Yaitu ada telur dino di antara semak-semak dan di sekelilingnya ada dinosaurus. Dan agar anaknya lahap makannya, makan sambil nonton youtube sekaligus mamahnya mengoceh bercerita tentang dinosaurus. Hehehe...

Dan bahagianya... Junapun makannya lahap.

Oh ya Moms, untuk nasinya memang sengaja saya kasih kecap. Karena Juna itu suka banget nasi hangat campur kecap.

Ini adalah cerita tentang gizi seimbangnya Juna, sebenarnya tidak ribet, hanya chickhen nugget goreng dan oseng-oseng doang, tapi yagitu dech... harus pintar-pintar merayu Junanya.


Oh ya Moms, ada yang mau ngasih ide tidak nih untuk menu piring gizi seimbangnya Juna berikutnya? Mamah bingung nih mau bikin apalagi... J

Artikel ini akan diikutsertakan di dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good. #BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang

Comments