Skip to main content

KENALI 7 KEHEBATAN PERUT UNTUK TUMBUH KEMBANG MAKSIMAL


KENALI 7 KEHEBATAN PERUT UNTUK TUMBUH KEMBANG MAKSIMAL

Punya anak laki-laki yang super aktif itu sering sekali bikin pusing kepala plus capek, akan tetapi lebih capek lagi kalau dia rewel. Melihat rumah yang habis dibersihkan kembali berantakan itu memang menyedihkan lagi, akan tetapi melihat rumah rapi karena si anak mengalami ganggungan pencernaan sehingga dia ogah main itu lebih menyedihkan lagi.

Juna—anak semata wayang saya—ini adalah anak yang super duper aktif. Bukan hanya di rumah saja, tapi di sekolah ataupun di tempat yang dia kunjungi, dia selalu saya usil dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.


Hal-hal yang Juna sukai sedari kecil yaitu bermain bola—entah sepak bola maupun bola basket. Selain itu, dia juga suka bermain music seperti Ayahnya. Atau, kalau bersama saya, dia lebih suka bermain lego. Bahkan di rumah ada beberapa macam lego, mulai dari block, bombik sampai lego kapsul. Dan biasanya nih, Juna tuh bakalan anteng banget kalau sudah sibuk dengan barisan para legonya. Dia akan mulai berimajinasi, bikin rumahlah, robotlah, terus terkadang dia juga mulai berbicara sendiri.

Akan tetapi…

Pemandangan yang seperti itu tak terlihat jika dia mengalami yang namanya ganguan pencernaan. Sedari kecil, Juna tuh sering sekali mengalami yang namanya sembelit. Juna tuh sering banget susah BAB. Sebagai seorang ibu, saya terkadang tidak sampai hati melihat Juna yang kesakitan saat BAB.

Sayapun mulai mereview tentang pola makan Juna. Juna yang susah banget makan sayur—seperti saya. Terus, apa sufornya terlalu kental… dan bla… bla. Hingga akhirnya saya menggonta-ganti sufornya dan memberinya madu. Dan akhirnya sufor yang cocok buat Juna berhenti di Bebelac Gold rasa Madu.

Selama ini, saya paham banget kalau Juna itu suka madu. Tapi soal sufor, dia hanya mau yang rasa Vanilla. Tapi berbeda ketika dia saya beri Bebelac Gold rasa Madu.


Bebelac Gold ini diperkaya dengan Advansfibre, yang tinggi serat dan dapat memenuhi kebutuhan serat harian anak. Selain itu, Bebelac Gold juga mengandung Fish Oil, Corn Starch, FOS;GOS 1;9,  13 Vitamin dan 7 Mineral. Untuk selengkapnya, berikut adalah kelebihan Bebelac Gold dibandingkan dengan produk lainnya.

Kenapa sih saya tuh selektif banget soal sufornya Juna?

Ya… karena sufor memang berpengaruh sekali dengan pencernaannya Juna. Dan masalah pencernaan ini juga berpengaruh sekali buat Juna. Enggak mau dong melihat anak enggak ceria dan tumbuh kembangnya terhambat karena masalah pencernaan. Makanya, sebagai seorang ibu, sayapun akhirnya mulai mengenali tentang 7 kehebatan perut untuk tumbuh kembang anak yang maksimal.
1.    Pencernaan nyaman
Ketika saluran cerna anak dapat berfungsi dengan baik, ini akan berpengaruh pada kenyamanan pencernaannya. Saluran cerna anak yang berfungsi dengan baik, meliputi : fungsi mencerna dan menyerap makanan, pertahanan tubuh dan toleransi terhadap makanan yang dikonsumsi. Sementara ketidaknyamanan pada pencernaan, biasa anak akan rewel berkepanjangan, menggeliat, dan melengkungkan punggungnya seolah ingin menjauhi sumber ketidaknyamanannya, kembung, muntah, atau gangguan defeksi.

2.    Penyerapan nutrisi
Anak biasanya memerlukan jumlah kalori yang cukup besar untuk  memenuhi pertumbuhannya yang sangat cepat pada beberapa bulan pertama kehidupannya. ASI dengan kandungan lemak yang sangat tinggi menjadi pilihan efisien untuk memenuhi kebutuhan kalorinya. Dengan volume yang tidak terlalu besar, ASI dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisinya.

3.    Pencernaan lancar
Salah satu tanda kalau pencernaan anak lancer dapat dilihat dari BAB-nya. Mulai dari frekuensi BAB-nya sampai dengan konsistensi dan warna fesesnya seuai atau tidak dengan usianya.

4.    Perlindungan alami
Saluran cerna yang sehat ternyata tidak hanya menjalankan fungsi mencerna dan menyerap makanan saja, akan tetapi juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh.

70% sel daya tahan tubuh terdapat pada saluran cerna yang fungsinya dipengaruhi oleh keberadaan makanan dan mikroorganisme di dalam saluran cerna sebagai perlindungan alami.

5.    Tumbuh kembang optimal
Saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kemampuan berinteraksi social, emosi, serta prestasi akademis anak di kemudian hari. Karena saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan berkembangan anak, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak.

Oh ya, sedikit cerita saja, saya punya teman yang anaknya mengalami ganggungan pencernaan. Itu berpengaruh sekali pada tumbuh kembangnya. Mulai dari soal pemilihan makanan yang saluran cernanya tidak bisa menyerap semua makanan sampai dengan pertumbuhan tubuhnya yang kurang maksimal. Nah, makanya masalah pencernaan pada anak tidak bisa disepelekan. Apalagi untuk awal kehidupannya. Karena pengaruhnya akan sangat besar untuk kehidupan selanjutnya.

6.    Cepat tanggap
Keterlibatan saluran cerna terhadap perkembangan otak banyak dikaji oleh para ahli terutama dikaitkan dengan peran mikroflora baik (Bifidobakteria atau Lactobacillus) di dalam saluran cerna dalam memetabolisme makanan yang dikonsumsi oleh anak. Mikroflora yang baik pada saluran cerna dapat mempengaruhi system saraf  untuk melepaskan neutotransmitter yang memberikan sinyal ke otak.

7.    Mengjaga suasana hati
95% hormon serotonin di dalam tubuh ternyata ditemukan oleh saluran cerna. Hormon serotonin ini adalah neutotransmitter utama yang dihasilkan oleh saluran cerna, sehingga otak akan mendapatkan sinyal untuk mengatur suasana hati, selera makan, tidur sampai dengan ingatan anak.

Selain hormone serotonin, mikroflora saluran cerna juga dapat mempengaruhi pengiriman sinyal dari saluran cerna ke otak, hlo.  Sehingga dapat berpengaruh pada kondisi mental, emosional, dan kognitif anak.
Nah Mom, ternyata kenali 7 kehebatan Perut untuk tumbuh kembang anak supaya maksimal itu penting sekali. Masaah pencernaan yang kelihatannya sepele ternyata berpengaruh besar untuk tumbuh kembangnya.




Comments

Popular posts from this blog

STOP MEMBANDINGKAN! SETIAP ANAK MEMILIKI KEMAMPUAN YANG BERBEDA

STOP MEMBANDINGKAN! SETIAP ANAK MEMILIKI KEMAMPUAN YANG BERBEDA
STOP MEMBANDINGKAN! SETIAP ANAK MEMILIKI KEMAMPUAN YANG BERBEDA. Pernah ngalamin enggak, anaknya dibanding-bandingkan sama anak tetangga atau anak saudara? Saya mah sering, dan jujur sich ada yang bikin saya baper. Wkwkwk...*emaknya Juna emang gampang baper. LOL
Sebenarnya saya sich enggak suka kalau dibanding-bandingin gitu. Wong saya juga anti banget kalau sudah dibandingin, makanya enggak mau juga kalau Arjuna dibandingin. Karena buat saya, kemampuan setiap anak itu berbeda, dan setiap anak terlahir dengan keunikannya sendiri-sendiri. Jangankan sama anak orang lain yang beda orang tua, beda pola asuh, terkadang sama adek kakak bahkan saudara kembar yang orang tuanya sama, pola asuhnya sama ajah berbeda, jadi... SAY NO TO NGEBANDINGIN, yah?!

Sebelum saya mau cuit-cuit lebih lanjut nih, saya mau cerita dulu soal Arjuna yang pernah dibanding-bandingin.
Arjuna pernah dibanding-bandingin sama kakak sepupunya yang usia selisih …

STIMULASI ANAK USIA 15 – 18 Bulan

STIMULASI ANAK USIA 15 – 18 Bulan

STIMULASI ANAK USIA 15 – 18 Bulan. Anak usia 15 – 18 bulan sebenarnya tidak banyak mengalami perkembangan motorik dan stimulasi anak yang signifikan. Akan tetapi, anak justeru berktivitas yang membuat orang-orang terdekat menjadi gemas.


Di usia ini, anak biasanya sudah bisa berdiri tanpa berpegangan, malah ada juga yang sudah bisa jalan. Dan Alhamdulillah, Arjuna sudah bisa jalan di usianya yang menginjak 12 bulan, jadi saat usia 15 bulan dia sudah lari-lari. Usia 15 – 18 bulan, anak biasanya sudah bisa : 1.Membungkuk dan mengambil mainannya sendiri 2.Berjalan maju mundur, jinjit atau berputar-putar 3.Memanggil ayah ibunya dengan sebutan sesuai ajaran kedua orang tuanya 4.Menumpuk kubus atau kaleng 5.Memasukkan mainan ke dalam kotak 6.Menunjuk apa yang diinginkan tanpa menangis atau merengek 7.Memperlihatkan rasa cemburu

Baca : Perkembangan Arjuna Usia 17 Bulan dan PerkembanganArjuna Usia 18 Bulan

Sementara stimulasi untuk anak usia 15 – 18 bulan, antara lain :
1

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS


DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS. Akhir-akhir ini, mamah juna lagi rajin banget bikinin mainan sendiri buat Baby Juna. Yups, selain mencari irits, mamah juna juga mau belajar kreatif dan menstimulasi kecerdasan Baby Juna. Selain itu, juga mau mengalihkan perhatian Baby Juna dari tablet dan Thomas.
Baca : MorinagaChil Go, Bekal Masa Depan Untuk Generasi Platinum
Nah, setelah hari Minggu kemarin saya ngajakin Baby Juna mainan Fingger Paint dan Flubby Jelly, maka hari Kamis kemarin saya ngajakin Baby Juna main celengan. Kebetulan sayanya izin lantaran di rumah ada orang meninggal dan enggak ada yang momong Baby Juna.
Sebenarnya, Baby Juna sih sudah dari dulu sering main celeng-celengan. Kalau enggak salah semenjak usianya 17 bulanan. Kala itu sih karena kalau liat uang receh tahunya kerokan (secara saya kalau sakit harus dikerokin emak baru sembuh). Nah, dan kebetulan juga Baby Juna punya celengan. Makanya, saya alihkan ke celengan daripada k…