Skip to main content

Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan

Tidak terasa kita sudah memasuki pertengahan tahun 2023. Itu artinya, tahun ajaran 2022/2023 sudah berakhir dan anak-anak sudah memasuki masa liburan. Dan liburan kali ini agak lama, kurang lebih selama 3 mingguan.

Biasanya, setiap liburan semester ataupun kenaikan kelas, saya dan suami akan mengajak anak untuk liburan. Entah cuma liburan ke tempat wisata dalam kota, ataupun ke luar kota. 

Bagi saya, mengajak anak liburan ke tempat wisata disaat liburan sekolah itu wajib. Karena sewaktu masuk sekolah, biasanya akan ada tugas mengarang tentang cerita liburan. Nah, sebagai orang tua, tentunya ingin dong kalau anaknya juga punya cerita tentang liburan.

 

Etapi, sebelum memutuskan untuk liburan kemana, ada hal-hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Diantaranya :

1.   Menentukan tempat liburan

Rencana liburan saat libur sekolah bukanlah suatu rencana dadakan. Biasanya, sebelum test kenaikan kelas, saya sudah mencari informasi tentang tempat wisata yang ramah anak. Maka dari itu, saya akan melalukan riset terlebih dahulu. Mencari tahu tentang tempat wisata yang kami tuju.

Saya juga mencari tahu tentang harga tiket masuk, fasilitasnya apa saja, peraturan di tempat liburan (biasanya ada tempat wisata yang melarang membawa makan dan minum dari luar), dan tentunya tentang tempat makan yang berada di tempat wisata tersebut.

2.   Budget

Setelah mendapatkan beberapa informasi tentang tempat wisata. Lalu, saya sesuaikan dengan budget kami. Kira-kira cukup atau tidak. Kan tidak lucu kalau ngajak anak liburan, uangnya kurang. Hehehe J

Liburan tujuannya buat bersenang-senang sekaligus memberikan kenangan menyenangkan untuk anak, jangan sampai sehabis liburan malah pusing memikirkan cicilan karena memaksa berlibur ke tempat yang melebihi budget.

3.   Jalan menuju tempat wisata

Mengetahui kondisi jalan ke tempat wisata itu perlu. Karena ini akan berhubungan dengan transportasi yang akan dipilih.

Untuk mengetahui informasi seputar kondisi jalan, selain mencari tahu diinternet, kadang saya juga bertanya pada orang yang pernah mengunjungi tempat wisata yang kami tuju tersebut.

4.   Transportasi

Memilih tempat liburan sudah, cek budget sudah, sekarang mau milih mode transportasi apa?

Saya pribadi, meskipun memilih liburan ke luar kota seperti Solo, Jogja atau Semarang, saya lebih memilih menggunakan transportasi pribadi. Karena saya sekeluarga masih bertiga (saya, anak, dan suami), saya biasanya bepergian naik motor matic.

Yups, liburan menggunakan motor matic menjadi pilihan kami karena bepergian menggunakan motor itu tidak akan berperang dengan kemacetan (setidaknya kalau macet ya bisa melipirlah ya J), terus bisa membawa barang bawaan agak banyak karena bagasi besar, dan motor matic juga lebih nyaman dan mudah dikendarai (saya dan suami bisa nih bergantian nyetir kalau capek).

Akan tetapi, sebelum digunakan untuk bepergian jauh apalagi ke luar kota, ada hal-hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu, diantaranya :

a.    Service motor

Service motor secara rutin memang sangat perlu, pun saat akan digunakan untuk bepergian jauh. Service motor bukan hanya mengecek kondisi motor saja, tapi juga mengecek apakah ada spare part yang harus diganti.

Selain itu, rutin service motor juga banyak manfaatnya, salah satunya agar motor lebih awet dan performa mesin juga tetap prima.

b.   Ganti oli

Ganti oli sebelum melakukan bepergian jauh juga sangat penting. Karena saya pribadi punya pengalaman kurang menyenangkan karena telat ganti oli motor matic saya. Motornya jadi rusak parah da nada beberapa spare part yang akhirnya harus diganti.

Untuk motor matic, ganti olinya ada 2 macam, yaitu oli mesin dan oli garden. Perbandingannya 2:1, yaitu dua kali ganti oli mesin, satu kali ganti oli gardan.

5.   Barang bawaan

Liburan menggunakan motor matic, meskipun bagasi lebih luas, tetap saja barang bawaannya terbatas. Tidak bisa membawa banyak seperti saat liburan menggunakan mobil pribadi. Maka dari itu, harus benar-benaar memilah antara barang yang harus dibawa atau bisa ditinggalkan.

Soal barang bawaan ini, biasanya berhubungan dengan kemana kita pergi, menginap atau tidak. Semisal ke pantai atau ke waterpark, biasanya harus membawa baju ganti.

Oh ya, kalau bepergian, obat-obatan harus selalu dibawa. Pun dengan air putih. Kalau skincare, sunscreen juga tidak boleh kelupaan, heheh J

Melanjutkan pembahasan tentang liburan menggunakan motor matic nih, saya punya pengalaman menyenangkan tentang tempat ganti oli yang akhirnya menjadi langganan saya.



Ganti Oli Motor Matic di Planet Ban

Kalau dulu, saya tahunya Planet Ban itu adalah toko khusus jual beli ban motor ataupun mobil saja. Hingga akhirnya saya tahu kalau saya juga bisa service motor dan ganti oli di Planet Ban.

Untuk service motor di Planet Ban, harganya juga sangat terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-

Sementara untuk ganti oli, harganya juga tidak kalah terjangkau. Saya ganti oli mesin matic dan oli garden hanya membayar sekitar 70 ribuan karena dapat diskon.

Kalau ditanya kenapa saya memilih ganti oli motor matic di Planet Ban, karena :

1.   Harganya terjangkau,

2.   Ganti oli saat mencapai jarak tempuh 5000km,

3.   Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

Nah, sekarang kan sudah mulai liburan. Apalagi minggu depan juga libur panjang Idul Adha, jadi waktunya untuk liburan bersama keluarga. Anak libur sekolah, orang tua juga libur kerja. Sudah menentukan mau liburan kemana dan tentunya sudah ganti oli motor matic juga dong J

Selamat berlibur ya, teman-teman J

Comments

  1. Yang paling istimewa itu menurutku oli yang digunakan. Merekk xten masa pakainya bisa 2x lebih lama dibanding oli lain. Jadi lebih hemat kan?

    ReplyDelete
  2. Betul sekali. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya memang kondisi kendaraan dipersiapkan lebih dahulu. Lakukan pengecekan dan servis agar perjalanan lebih aman dan nyaman..

    ReplyDelete
  3. Kalau perjalanan jauh memang harus rutin service motor apalagi oli harus rajin di service ya. Dengan begitu kita akan menjaga dengan baik kendaraan pribadi kita.

    ReplyDelete
  4. Wah iya nih, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan. Termasuk kesiapan kendaraan dengan ganti oli motor matic di Planet Ban yang tepercaya dan dapat diandalkan

    ReplyDelete
  5. Ganti oli di Planet Ban nggak mahal ya, penting banget tuh memastikan performa kendaraan sebelum bepergian jauh. Jangan sampai kendaraan bermasalah di jalan menghambat euforia liburan keluarga. Selamat liburan juga, mama juna!

    ReplyDelete
  6. Yang gak kalah penting, siapkan kondisi fisik yang prima juga, mak. Dari pengalamanku kemarin, pas diajak liburan malah anakku demam, hiks. sedih banget jadi gak maksimal liburannya.

    ReplyDelete
  7. Namanya juga liburan keluarga yang nota bene ngjak anak-anak, jadi segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang ya Mbak. Mulai dari destinasi, sampai kesiapan kendaraan. Kan gak lucu aja, kalau tiba-tiba kendaraan mogok di jalan gara-gara kurang rawatan, bakal bikin anak-anak bete

    ReplyDelete
  8. Ohh ternyata harganya terjangkau ya saat ganti oli di Planet ban ini, setahuku cabangnya banyak karena dia franchise ya. Ganti oli juga terjangkau ya, secara kalau udah ganti oli berkendara untuk liburan jadi nyaman dong, meminimalisir hambatan perjalanan saat traveling karena motor yang bermasalah. Happy holiday mbak

    ReplyDelete
  9. Asyik ya ganti oli dapat diskon mbaa. Iyaya aku jg taunya tempat ban, khusus ban ternyata bisa ganti oli dan servis2an juga.. dekat rumah ada nih planet ban. Mau coba juga ah😄

    ReplyDelete
  10. Aku juga pakai motor matic ke mana2 sih tapi yang dekat2 aja. Misalkan belanja ke minimarket, warung sayuran, ngebakso dll. Iya dong jangan sampai kelupaan servis motor secara berkala. Kalau udah ada yang perlu diganti, bisa tuh konsultasikan sama mekaniknya. Asik ya servis motor di Planet Ban, produknya berkualitas dengan harga terjangkau.

    ReplyDelete
  11. Kalau mau liburan bersama anak memang banyak yang harus kita siapkan ya mba. Termasuk utama menurutku ya kendaraan karena jangan sampai kan ada kendala dengan kendaraan sata melakukan perjalanan. Selamat liburan juga mba

    ReplyDelete
  12. Iy donk sayang...ya sblm ..liburan ngajak anakw wisata padgi donk perencanaan matang dilakukan aplg mengenai budget. KL gak...ya pasti repot dengan urusan gimana ngembaliin yg
    over budget yg telah

    terealisir demi kesenangan dan kepuasan anak2. Jd tetap hrs waspada dan hati2.

    ReplyDelete
  13. Lagi liburan gini jadinya gabut kalo ga ke mana2. Kalo mau jalan2 ya harus itung budgetnya dulu kalau mau ke mana gitu. Tapi enak juga kalo naik motor matic yhaa. Kan ngga kena macet gitu. Pastikan service motor dulu biar aman kalo mau traveling.

    ReplyDelete
  14. Saya pernah liburan pakai kendaraan pribadi trus bermasalah di jalan. Memang bener banget deh harus persiapan banget. Termasuk persiapannya kendaraannya juga.

    ReplyDelete
  15. Iyaa, kendaraan yang prima tuh kunci biar liburan kita lancar dan menyenangkan ya. Jangan sampai lagi perjalanan ke tempat wisata eh mogok motornya karena lupa ganti oli atau servis mesin motor hiks

    ReplyDelete
  16. Jauh-jauh hari, kalau mau bepergian, suami yang pertama pasti mikirin motornya. Lihat medannya juga. Kadang ga cuma ganti oli tapi juga ganti ban. Karena kena apa-apa di jalan gara2 kendaraan bisa bikin gabut banget sampai males saat di tempat liburan.

    ReplyDelete
  17. Wah, dari list itu kalo saya lebih utama adalah soal bajet,hahaha. Yang lainnya bisa menyesuaikan jadi sesuai kondisi. Terus kalo pake motor perlu banget ini dichek dulu sebelum bepergian biar gak kejadian hal2 yang tak diinginkan

    ReplyDelete
  18. waktu ke jawa kemarin aku juga ada lihat planet ban ini, mbak. sayang nih kayaknya belum ada di kotaku kalau ada bisa deh coba service motor ke sana

    ReplyDelete
  19. Asyik emang nih, biar motor kita selalu awet dan gak rewel di jalan, emang kudu rutin service. Apalagi buat yang mau liburan naik motor. Kudu kondisi baik motornya.

    ReplyDelete
  20. Ah iya saya juga pernah servis ama ganti ban di Planet Ban emang bagus sih pelayanannya. Terpercaya. Udah gitu motor jadi makin awet karena bagus perawatannya. Cuman ganti oli belum pernah, nanti mau ke Planet Ban lagi deh kalau Pas waktunya ganti.

    ReplyDelete
  21. Aku pun sebelum masuk liburan sekolah, membuat schedule dan persiapan liburan. Karena lumayan banget soalnya anakku liburnya sebulan lebih sehari jadi kudu cari kegiatan terus ini. Budget juga menjadi list nomer satu sih, jangan sampai over budgetlah.

    ReplyDelete
  22. Jadi inget dulu pas jalan-jalan bareng banyak orang,eh kurang persiapan soal kendaraan. Dibawa nanjak, panas deh motornya. Kebul-kebul kaya kebakar. Akhirnya istirahat dulu. Makasih lho tipsnya

    ReplyDelete
  23. Musim liburan sekolah nih asyik, pemilihan tempat tujuan liburan memang harus diriset sesuai dengan keluarga ya, kalau anakku udah besar jadi tinggal tanya ke sini mau gak lebih mudah & pastinya harus menyesuaikan budget juga ya. Wih pake motor liburannya touring gitu seru juga ya

    ReplyDelete
  24. Sebagai keluarga yang selalu kesana kemari menggunakan sepeda motor, kondisi kendaraan dan budget selalu jadi pikiran utama sebelum jalan. Ya kan gak mau saat ada ide, eksekusi eh di jalan dapat kendala. Hehehe...

    ReplyDelete
  25. Baca artikel ini jadi inget belum ganti oli nih mak. Musim liburan gini memang sebaiknya kendaraan harus dipersiapkan. Agar nyaman dipake buat keliling dan ngajak keluarga bepergian ya mak

    ReplyDelete
  26. Setuju banget kak, transportasi harus diperhatikan. Pernah nih motoran mau jalan-jalan. Ternyata penanda isi bensinnya udah eror. Tiba-tiba motor macet, padahal gara-gara bensin habis doang. Mending service rutin ya, sedia payung sebelum hujan.

    ReplyDelete

Post a Comment