Skip to main content

Youtube Bukan Sekedar Hiburan, Tapi Juga Media Pembelajaran

 Youtube Bukan Sekedar Hiburan, Tapi Juga Media Pembelajaran

 

Zaman sekarang ini, anak mana sih yang tidak tahu Youtube? Sebagian besar anak-anak sudah kenal dengan Youtube. Bahkan anak usia setahun pun juga sudah mengenalnya. Dan kebanyakan, anak-anak menonton Youtube sebagai hiburan.

 

Akan tetapi, tahukan Moms semua kalau Youtube bukan sekedar hiburan ataupun platform mencari cuan bagi para konten kreator. Melainkan, Youtube juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran.

 


Pandemi Telah Mengubah Segalanya

Pandemi 2019 telah mengubah segalanya. Apalagi semenjak diterapkannya lock down. Banyak perusahaan ataupun instansi yang menerapkan work from home atau WFH. Pun juga berdampak di bidang pendidikan. Anak-anakpun melakukan pembelajarn jarak jauh atau daring.

 

Nah, pembelajaran secara daring tentunya berbeda dengan pembelajaran secara langsung. Apalagi jika koneksi internet tidak stabil. Beralih dari itu, sebagai seorang guru harus pintar-pintarnya memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran agar siswa-siswi di rumah tetap bisa menerima hak-nya (mendapatkan pelajaran dari guru).

 

Salah satu guru yang berjuang untuk anak didiknya agar selama pandemi tetap bisa mendapatkan pembelajaran secara maksimal adalah Galih Suci Pratama, M.Pd. Pria kelahiran Banjarnegara, 27 Maret 1991 ini mempunyai ide untuk mengembangkan pendidikan melalui platform Youtube semenjak mengikuti pelatihan Google Class bersama guru-guru dan Dinas Pendidikan Kota Semarang.

 

Selama mengikuti pelatihan tersebut, Galih melihat ada semacam ketidaksiapan para guru dalam menghadapi pandemi. Dan itu juga dirasakan oleh sebagain besar guru-guru yang berada di Indonesia.

 

Saya sendiri, sewaktu pandemi masih bekerja di sebuah sekolah swasta yang berada di Kabupaten Boyolali. Dan benar, masih banyak guru yang belum siap menghadapi pandemi. Banyak sekali guru yang merasakan kebingungan, bagaimana caranya untuk memberikan materi ajar kepada para siswa-siswinya. Untuk melakukan pembelajaran menggunakan Zoom atau Google Meet, tidak semua siswa mempunyai smartphone atau laptop. Selain itu, terkadang sinyal juga tidak mendukung. Dan mau tidak mau, selama pandemi, kebanyakan guru hanya memberikan soal-soal latihan pada siswa-siswinya melalui Whatsapp atau ada siswa-siswi yang tidak punya gadget akan datang ke sekolah untuk mengambil soal latihan tanpa diberi materi ajar.

 

Berkaca dari itu semua, Galih Suci Pratama mempunyai gagasan untuk mengembangkan pendidikan melalui Youtube. Secara, siapa sih yang tak kenal platform Youtube? Anak-anak dan orang tuapun kerap menggunakannya sebagai hiburan. Dan untuk mengatasi bagaimana caranya menyampaikan materi ajar kepada siswa-siswi, kenapa tidak memanfaatkan platform Youtube? Selain sudah banyak yang kenal Youtube, Youtube juga bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Jadi, tidak akan ada anak yang akan ketinggalan pelajaran. Berbeda jika guru memberikan materi ajar melalui Zoom atau Google Meet, siswa-siswi yang tidak bisa hadir akan ketinggalan materi ajar. Selain itu, menonton video materi ajar di Youtube juga lebih hemat kuota internet dibandingkan Zoom atau Google Meet.

 


Galih merintis akun Youtubenya (Pembelajaran SD Kota Semarang) semenjak 13 Juli 2020 dan saat ini sudah ada 71,7K subscriber. Oh ya, materi ajar yang ada di akun Youtube Galih memang materi ajar tingkat SD (kelas 1 sampai 6, pelajaran tematik dan non tematik) karena Galih memang seorang guru SD. Pria lulusan PGSD UNNES Semarang ini saat ini mengajar di SD Negeri Sekaran 02 Gunung Pati, Semarang.

 

Galih mengembangkan akun Youtube Pembelajaran SD Kota Semarang tidak hanya sendirian. Akan tetapi, Beliau juga menggandeng beberapa teman sejawatnya. Sudah ada lebih dari 500 guru di Kota Semarang yang berperan mengembangkan akun Youtube Pembelajaran SD Kota Semarang.

 

Agar akun Youtube tersebut semakin berkembang, Galih dan teman-temannya kerap sekali memberikan pelatihan tentang bagaimana caranya mengolah video, bagaimana agar tidak melanggar hak cipta, bagaimana caranya syuting, hingga peralatan apa saja yang digunakan untuk membuat video dan bagaimana cara editingnya.

 

Peraih Penghargaan SATU Indonesia Awards 2020

Karena aksi Galih Suci Pratama, M.Pd yang menginspirasi banyak guru-guru di Indonesia, Galih mendapatkan penghargaan SATU Indonesia Awards 2020 dalam kategori khusus :  Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi Covid-19.

 

Ide cemerlang Galih tidak hanya bermanfaat saat pandemi saja, melainkan sampai saat ini. Meskipun sudah tidak pandemi dan pembelajaran sudah tatap muka, tapi masih banyak guru-guru yang membuat akun Youtube dan mengupload materi ajar di akun Youtubenya tersebut.

 

Salah satu guru yang memanfaatkan Youtube untuk mengembangkan materi ajar adalah Umi Fathonah, S.Kom yang merupakan salah satu guru di SMP N 2 Ampel, Boyolali. Meskipun sudah memberikan materi ajar di sekolah, Umi sengaja mengupload materi ajar di akun Youtube agar bisa digunakan siswa-siswinya belajar di rumah. Untuk siswa-siswi yang tidak beangkat ke sekolah juga tidak ketinggalan pelajar.

 

Untuk guru-guru yang lain, ide Galih mengembangkan pendidikan melalui Youtube bisa sekali ditiru. Mengingat zaman sekarang banyak sekali anak-anak yang suka menonton video di Youtube.

 

Penutup

Kemajuan teknologi bagaikan pedang bermata dua. Ada dampak positifnya dan ada pula dampak negatifnya. Anak-anak zaman sekarang suka sekali bermain gadget, mulai dari bermain game, bermain sosial media, atau sekedar menonton video di Youtube.

 

Sebagai guru, tidak ada salahnya memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pembelajaran. Salah satunya seperti Galih, memanfaatkan Youtube untuk mengembangkan pendidikan. Dan nyatanya, sampai saat ini banyak siswa-siswi yang terbantu karenanya 😊

 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Anugerah Pewarta Astra – Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia

#SemangatUntukHariIniDanMasaDepanIndonesia #KitaSATUIndonesia

 

 

 

Referensi :

https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/finalis/perangkul-guru-majukan-kualitas-pembelajaran/
https://www.faridazp.info/2022/12/galih-suci-pratama.html
https://payungkita.com/2023/08/08/galih-suci-pratama/
https://www.tribunnewswiki.com/2020/12/30/sekolah-di-masa-pandemi-kisah-galih-suci-dorong-ratusan-guru-kembangkan-pembelajaran-via-youtube?page=2
https://republika.co.id/berita/qm3j4k368/siasat-jitu-seorang-guru-menghadapi-pandemi-part1
https://poskota.co.id/2021/03/20/guru-muda-galih-suci-pratama-memelopori-satu-kanal-di-youtube-untuk-menyampaikan-materi-kepada-siswa

Comments