Skip to main content

Solusi Agar Anak Tidak Stress Selama Pandemi

 Solusi Agar Anak Tidak Stress Selama Pandemi

 

Solusi Agar Anak Tidak Stress Selama Pandemi. Pandemi memang mengubah segalanya. Pun berdampak juga pada anak-anak. Anak-anak yang biasanya sekolah offline bertemu dengan guru dan teman-temannya, kini sekolah cukup dari rumah saja.

 

Faber Castell Creative Art Series - solusi agar anak tidak stress selama pandemi

Sekolah dari rumah atau sering kita sebut daring ini sebenarnya sangat menguras tenaga. Bukan hanya orang tua saja yang kewalahan, tapi anak juga. Ruang gerak anak terbatas, sementara tugas setiap hari bertambah. Dan bukan hanya itu saja, selama pandemi, anak-anak juga tidak bisa bertemu dan bermain dengan teman-temannya. Kesehariannya anak hanya di rumah saja mengerjakan tugas sekolah, dan bermainpun juga di rumah. Sementara orang tua juga tidak bisa menemani anak secaraterus menerus karena orang tua juga punya kesibukan dan tentunya juga harus mencari nafkah.

 

dampak pandemi pada anak

Pandemi, Di Rumah Saja!

Kita yang orang dewasa di rumah saja juga bosan, apalagi anak-anak? Biasanya bermain dengan teman-teman atau jalan-jalan, tapi selama pandemi? Mau tidak mau ya di rumah saja.

 

Dan selama pandemi ini, bukan cuma orang dewasa saja loh yang mengalami stress, tapi anak-anak juga. Menurut Webinar Soft Skill Apa Yang Diperlukan di Abad Digital bersama Faber Castell beberapa waktu yang lalu,  Soetikno, Agustina, Verauli, dan Tirta (2020) menemukan peningkatan masalah perilaku dan emosi yang muncul pada anak karena pandemi ini. Biasanya, masalah yang muncul adalah withdrawal, somatic, anxiety, depresi, problem sosial, problem berpikir dan atensi, serta agresi.

 

Webinar Soft Skill Apa Yang Diperlukan di Abad Digital


Hiburan Selama Di Rumah Saja

Selama pandemi dan di rumah saja, harus kita akui kalau screen time anak semakin bertambah. Screen time bukan sewaktu sekolah daring saja, tapi screen time karena bermain game di gawai atau menonton YouTube, menonton televisi juga. Padahal, screen time yang berlebihan juga tidak bagus.

 

Baca : Bermain Game Online Gratis di Plays.Org

 

Terlalu lama screen time atau bermain gawai ini juga berdampak negatif bagi anak. Tapi... kalau anak tidak diberi gawai juga kasihan. Jadi, pemberian gawai pada anak ini sebenarnya ada dampak positif dan negatifnya. Lantas, bagaimana? Pandemi meskipun di rumah saja tapi orang tua juga tidak bisa terus-terusan bersama anak. Harus mengurus rumah dan tetap bekerja, solusinya?

 

dampak positif dan dampak negatif anak bermain gawai

Sebelum saya lanjut, mari saya jelaskan dulu, apa sih dampak positif dan dampak negatif jika anak bermain gawai.

 

Dampak positif anak bermain gawai

  1. ·         Memberikan kemudahan bagi anak, seperti mudahnya mencari informasi atau mudahnya berkomunikasi dengan teman atau keluarga
  2. ·         Anak mudah mencari hiburan, seperti bermain game atau menonton video YouTube
  3. ·         Anak jadi tahu tentang teknologi

 

Dampak negatif anak bermain gawai

Menurut riset yang dilakukan oleh Straker, Leon M. & Howie, Erin K. (2016) dan Dr. John Hutton (2020), berikut adalah dampak negatif jika anak terlalu lama bermain gawai :

  1. ·         Gangguan kesehatan fisik
  2. ·         Anak mengalami terlambat bicara
  3. ·         Anak mengalami masalah atensi dan konsentrasi
  4. ·         Anak mengalami masalah pada Executive Function
  5. ·         Adanya masalah perilaku pada anak
  6. ·         Kualitas kedekatan antara orang tua dan anak menjadi lebih buruk atau lebih renggang

 

Dari adanya dampak positif dan negatif karena pemberian gawai pada anak, sebagai orang tua saya sih adalah team orang tua yang memberikan gawai pada anak dengan pembatasan waktu dan saya juga harus tahu tentang apa yang dilakukan oleh anak dengan gawainya.

 

Lantas, jika bermain gawai dengan batasan waktu, bagaimana kalau anak bosan?

Selama pandemi dan kesehariannya di rumah saja memang suatu hal yang membosankan. Saya saja bosan apalagi anak saya? Biar anak tidak bosan ya ajak anak bermain. Tentunya permainan yang menyibukkan dan menumbuhkankreatifitas anak.

 

Solusi Agar Anak Tidak Stress Selama Pandemi

Sebagai orang tua, selain menemani dalam proses pembelajaran daring, agar anak tetap semangat biasanya saya akan sering-sering memujinya. Karena pujian adalah wujud penghargaan yang saya berikan atas proses belajarnya.  Selain itu, jika anak bosan, saya akan mengajaknya bermain permainan yang menyibukkan. Seperti contoh :

  1. ·         Bermain lego. Bermain lego ini anak tidak hanya bermain saja, tapi anak juga lebih kreatif. Kebetulan anak saya suka sekali bermain lego, bahkan dia mempunyai beraneka ragam lego. Lego jadulpun dia juga punya.
  2. ·         Bermain rubrik. Anak saya sudah menyukai rubrik semenjak di masih duduk di bangku TK. Saat ini, anak saya kalau main rubrik baru bisa membuat satu warna saja. Atau kalau tidak, dia akan membuat bendera-bendera dengan rubriknya, seperti membuat bendera Jepang dan Swiss. Buat saya, ini tidak hanya permainan tapi dia juga tengah belajar.
  3. ·         Bermain playdough.
  4. ·         Bermain puzzle.
  5. ·         Bermain air.
  6. ·         Membaca buku dan mengajaknya berdiskusi.
  7. ·         Membuat jam dari Creative Art Series dari Faber Castell. Yang satu ini memang agak rumit, tapi anak jadi lebih kreatif.

 

contoh permainan agar anak tidak bermain gawai terus

Bermain yang menyibukkan ternyata juga mengasah kreativitas anak. Menurut Webinar Soft Skill Apa Yang Diperlukan di Abad Digital bersama Faber Castell, di zaman digital ini kreativitas adalah hal yang sangat penting. 

Pintar saja tidak cukup, anak juga harus kreatif.

Menurut Yohana Theresia , M.Psi., Psikolog selaku psikolog anak dan pengisi Webinar Soft Skill Apa Yang Diperlukan di Abad Digital bersama Faber Castell, di era digital ini anak dituntut kreatif. Dan rata-rata nih, anak yang kreatif itu cenderung ‘nyeleneh‘bila dibandingkan dengan teman-temannya. Bahkan, tidak jarang kalau anak kreatif ini sering disebut anak yang nakal.

 

Dan Yohana Theresia , M.Psi., Psikolog juga memaparkan tentang anak kreatif. Anak kreatif itu bisanya :

  1. ·         Memaknai masalah dengan cara yang unik
  2. ·         Berani mengambil resiko
  3. ·         Menyajikan ide yang berbeda
  4. ·         Tahan banting dalam menghadapi berbagai masalah

 

Terus Yohana Theresia , M.Psi., Psikolog juga ngasih tahu nih bagaimana caranya menumbuhkan kreatifitas pada anak, diantaranya :

  1. ·         Menghargai proses belajar
  2. ·         Mempersiapkan ruang khusus bagi anak untuk eksplorasi dan bereksperimen
  3. ·         Memberi kebebasan pada anak. Tidak sedikit-sedikit melarang anak. Karena semakin anak diberi kebebasan, dia akan semakin kreatif.
  4. ·         Memberi contoh nyata „orang kreatif“. Jadi sebagai orang tua kita juga harus kreatif.
  5. ·         Memberikan berbagai sudut pandang dengan memperkaya pengetahuan anak
  6. ·         Suportif
  7. ·         Mengapresiasi usaha anak.

 

Salah satu hal yang saya berikan pada anak saya agar dia selalu kreatif adalah lewat permainan. Kemarin, saya, suami dan anak saya sempat membuat jam dari Creative Art Series Faber Castell.

 

Faber Castell Creative Art Series - solusi agar anak tidak stress selama pandemi

Sewaktu anak saya tahu kalau dia diajak membuat jam dari Creative Art Series dari Faber Castell ini, anak saya excited banget dan enggak sabar. Mulai dari mengecat sampai menempelkan gambar-gambarnya, anak saya suka banget. Dan setelah jadi jamnya, dia berikan ke kakek neneknya agar ditaruh di kamarnya. Anak saya bangga banget bisa membuat jam sendiri. Yah meskipun dibantu oleh saya dan suami.

 

Creative Art Series dari Faber Castell ini bukan hanya membuat jam saja loh, tapi anak 4 macam produk Creative Art. Antara lain :

  1. ·         Basketball Arcade
  2. ·         Glow in the Dark Clock
  3. ·         Colour Your Own Drawstring Bag
  4. ·         Finger Printing Art Set yang melengkapi edisi sebelumnya Stone Deco Art, Origami Fashion Design, Colour Your Own Tote Bag, Air Jet Sport Car, Make Your Own Kite dan 3D Frame Art

 

manfaat Creative Art Series dari Faber Castell

Selain membuat anak jadi lebih kreatif dan jadi solusi agar anak tidak stress selama pandemi ini, Creative Art Series dari Faber Castell ini juga ada manfaatnya loh, diantaranya :

  1. ·         Jadi kegiatan baru untuk anak selama pandemi
  2. ·         Melatih kemampuan motorik halus
  3. ·         Meningkatkan Self Esteem & Self Confidence
  4. ·         Meningkatkan bonding antara orang tua dan anak
  5. ·         Media mengekspresikan emosi

 

Setelah mencoba membuat jam dengan Creative Art Series dari Faber Castell, anak saya langsung kepengen mencoba produk Creative Art Series dari Faber Castell yang lainnya. Tapi tunggu dulu, nabung dulu dong.... hehehe.


Buat Mama yang mau beli Creative Art Series dari Faber Castell ini, bisa beli di Shopee atau Tokopedia.

 

Bermain menggunakan Creative Art Series dari Faber Castell ini seru banget loh Mam, mama semua ada yang sudah mencoba?

 

Comments

  1. Ishh bener banget mbaa
    anak2 itu biarpun mereka seems baik2 aja.... ternyata di lubuk hati terdalam menyimpan rasa stres juga yak.
    semogaaa dgn adanya faber castell ini, bisa menjadi tools agar anak2 kembali happy dan ceriaaaa

    ReplyDelete
  2. Creative Art Series dari Faber Castell ini membantu anak-anak yang di rumah aja selama masa pandemi jadi makin kreatif

    ReplyDelete
  3. Aku juga bikin jam ini ama Narend kemarin. Seru euy, bisa ngelepas stres orang dewasa juga smenurutku. Aku seneng bikin prakarya gini. Udah gitu hasilnya bisa dipajang pula. Pengen beli creative art series lainnya

    ReplyDelete
  4. Bagus banget nih faber castell bisa mendukung anak untuk berkreasi di masa pandemi ya

    ReplyDelete
  5. Bermain rubik atau lego menyenangkan banget terus mewarnai jugaaa nggak kalah seru. Di rumah happy banget pas disuruh coret2 pakai pensil warna. Apalagi faber castell 😍 favorit dari dulu mbaa

    ReplyDelete
  6. Bermain game online punya dampak positif, tapi juga bisa jadi negatif, bila tidak dengan pembatasan, terutama pada anak.

    Diajak melakukan permainan yang mengundang kreativitas seperti bermain lego, kubik, atau membuat jam dari Creative Art Series dari Faber Castell besar manfaatnya buat anak. Anak jadi senang, rileks, dan bahagia, sehingga terhindar dari stres.

    ReplyDelete
  7. Wah, asyiknya kini ada cara baru biar anak2 makin kreatif di rumah selama p-andemi ga rungsing ya :) Kepengen beli juga nih paket Faber Castell Creative Art Series :) Manfatnya bagus sekali buat anak2 baik secara fisik dan mental. Mesti beli pokoknya.

    ReplyDelete
  8. Di rumah saja selama 6 minggu ditambah lagi belajar jarak jauh, tidak heran banyak anak-anak dan ibu stres karena nya. Tapi apa boleh buat karena bukan hanya kita yang mengalami tapi seluruh orang di dunia. Jadi pandai-pandai saja menyikapinya yang seperti misalnya, mengaktifkan otak kanan anak-anak dengan permainan kreatif. Faber-Castell bisa membantu. Dan saya percaya bahwa permainan terbaik untuk anak-anak adalah melibatkan fisik dan mental

    ReplyDelete
  9. Pandemi gini anak2 jd makin banyak yang terpapar gadget emang ya dan kadang waktunya jd gak terkendali. Makanya ortu kudu pinter2nya cari kegiatan lain terutama yang banyak melibatkan dan bisa menstimulasi kemampuan motorik mereka plus jg bisa bikin anak2 belajar seni yaa

    ReplyDelete
  10. Bener bangeeet soal screen time ini. Setelah pandemi, screen time nambah berlipat2 huhu. Terlebih karena si ayah WFH, akhirnya jadi pasang wifi. Ya gitu deh, permainan yg dulu menarik semacam lego un sekarang lebih banyak dianggurin sama anak2. Screen time anaj-anak masih jadi PR buat saya.

    ReplyDelete
  11. Setuju, pintar saja tidak cukup, anak juga harus kreatif. Salah satu cara melatih anak untuk kreatif bisa pakai creative art series dari faber castell

    ReplyDelete
  12. Ponakanku aku ajakin mbak sewaktu webinar Faber Castell dan bikin jam bareng. Senang sekali diaa dan antusias nempel-nempel :)

    ReplyDelete
  13. Setuju banget, selain melatih anak untuk makin kreatif, bermain dengan Faber Castell Art Series bisa buat kegiatan baru yang menyenangkan di tengah pandemi. Jadi, anak-anak gak bosen dan bingung mau main apa.

    ReplyDelete
  14. ah iya, saat pandemi anak anak banyak mengalami perubahan ya mbak
    mulai dari sekolah di rumah hingga terbatasnya waktu bermain
    dengan berkegiatan bersana creative art series dari Faber Castle ini, anak anak nggak hanya senang ya mbak, tapi juga makin kreatif

    ReplyDelete
  15. Huwaaa, aku ketabok baca tulisan Mak Witri. Terus terang, pandemi ini aturan screen time-nya anak-anak jadi awut-awutan. Huhuhu... Aduh, aku harus benerin lagi nih, mulai dari 0 lagi. Memang, mendidik anak supaya pintar tu lebih mudah daripada membuatnya jadi anak yang kreatif. Bener deh.

    ReplyDelete
  16. Saya dan anak juga ikutan bikin Glowing In The Dark Clock dari Faber Castell. Seru bikin ini barengan. Memang kreativitas anak perlu diasah, salah satunya melalui Creative Art Series dari Faber Castell

    ReplyDelete
  17. Saya dan anak juga ikutan bikin Glowing In The Dark Clock dari Faber Castell. Seru bikin ini barengan. Memang kreativitas anak perlu diasah, salah satunya melalui Creative Art Series dari Faber Castell

    ReplyDelete
  18. Suka banget sama inovasinya Faber Castell ini.. Anak jadi lebih kreatif dan asik dengan aktivitas selain di HP ya..

    ReplyDelete
  19. Iya banget, kalo dibiarin ngikuti alur sekolah, dan tanpa ngelakuin hal kreatif, anak-anak pasti kebosanan ya di masa pandemi kayak gini. Dan ujungnya bisa membuat anak-anak stres. Btw, keren-keren ya produk CAS Faber Castell ini. Menarik dan membuat anak terampil kreatif. Dijamin gak bikin anak-anak bosen.

    ReplyDelete
  20. Jleb banget ya pesannya. Pinter aja gak cukup, anak juga harus kreatif. Ini saya juga sedang terus menstimulasi anak-anak agar mereka menjadi anak yang kreatif agar mereka bisa beradaptasi dengan tantangan zamannya.

    ReplyDelete
  21. Makin kreatif nih dengan belajar di rumah aja ditemani mama berkreasi dan bermain. Pasang puzzle, rubik, juga membuat jam glow in the dark. Seruuu!

    ReplyDelete
  22. Memang kalau anak mau ga ketergantungan gadget. Kita memang harus siap banyak prakarya di rumah biar bisa bermain bersama

    ReplyDelete
  23. Wah, ternyata Creative Art Series Faber Castell ada banyaak yaah..
    Aku suka sekali..
    Beneran anak-anak bosan selama dirumahaja. Anakku karena jaraknya deket, jadi mainnya muter-muter sama sodaranya sendiri selain sama emak bapaknya.

    ReplyDelete
  24. Banyak kegiatan yang bisa mengalihkan perhatian anak dari gawai atau mengatasi stres anak di masa pandemi, ya...salah satunya dengan membuat permainan kreatif dari Faber Castell.

    ReplyDelete
  25. Tricky banget mengelola stres pada anak di masa pandemi gini. Orangtua harus pintar-pintar deh pokoknya menciptakan kegiatan atau aktivitas yang dapat menjadikan anak tetap dalam suasana yang mengasyikkan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL. Sudah punya rencana mau liburan, tapi gagal total karena Si Kecil demam. Pernah ngalaminnya enggak, Mak? Kalau saya sih pernah ngalaminnya. Jauh-jauh hari sudah berencana liburan, sudah bikin list mau ke mana dan ngapain saja sampai sudah nyiapin semuanya, eh tapi... Kecewa dan sedih sih pasti. Etapi lebih sedihnya lagi itu ngelihat Si Kecil yang dikit-dikit rewel. Jangankan jadi mikirin liburan, mikirin gimana nurunin demamnya Si Kecil dan bikin Si Kecil ceria kembali saja sudah menguras pikiran. Huft... Sebenarnya, demam itu bukanlah penyakit loh, Mak. Akan tetapi, demam merupakan sebuah gejala. Dan biasanya, demam lebih sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun karena sistem kekebalan pada bayi belum terbentuk secara sempurna. Penyebab demam sendiri juga bukan suatu yang serius atau gawat. Akan tetapi, sebagai ibu, kita perlu mengetahui apa penyebab demam. 1

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM. Berawal dari akun istagram saya yang ditantang oleh Gisela Anastasya untuk mengikuti tantangan Program Bekal Masa Depan Chil Go (BMD Chil Go) , dan langsung saya iyain, akhirnya saya mulai memikirkan masa depan Baby Juna yang baru berusia 20 bulan. Selama ini sih saya masih nyantai saja, soalnya Baby Juna masih kecil. Etapi ternyata pemikiran saya itu salah kaprah, saya seharusnya sudah menyiapkan bekal masa depan Arjuna sedari usia dini. Bekal masa depan Baby Juna bukan soal dana pendidikan saja loh ternyata, tapi kecerdasan adalah bekal utama bagi masa depan Baby Juna. Nah kalau dananya tersedia tapi kemampuannya tidak ada, bagaimana? Apa bisa tuh mewujudkan cita-cita Baby Juna? Apa Saja Sih Yang Perlu Disiapkan Untuk Bekal Masa Depan? 1.      Kenali kecerdasan Si Kecil Ada 6 langkah aktivasi multitalenta anak, yaitu : a.     Kecerda

SETAHUNAN ARJUNA

SETAHUNAN ARJUNA Alhamdullilah, setahunan Mas Juna dalam adat Jawa 13Laoan 14M27D Udah banyak akal, diperintah ambil ini itu udah mudheng Udah tahu juga nama temen-temennya seperti Cha, Fa, Ijah... dan rumahnya sebelah mana juga nuding nuding Udah bisa juga komentar, minum air putih katanya "nda nak" alias enggak enak Udah mudheng Allah yang artinya sholat dan bisa nungging sama berdiri Selalu berayukur, setiao hari anak tambah akal Merawat dan mendidiknya dengan caraku dan yakin, selalu berikan yang terbaik Selalu bangga untuk tumbuh kembangnya... I'M HAPPY MOM... :) A photo posted by Witri Prasetyo Aji (@witri_nduz) on Feb 8, 2016 at 4:26am PST Hey Mom, apa kabarnya? Sudah lama yaaa, saya enggak cuap-cuap di sini. Kalau enggak salah, ini postingan pertama aku di tahun 2016. Kali ini, aku mau cerita soal acara 'setahunan'nya Mas Arjuna nich, Mom.