Skip to main content

Contoh Kegiatan Me Time Untuk Ibu Rumah Tangga

 Contoh Kegiatan Me Time Untuk Ibu Rumah Tangga

 

Contoh Kegiatan Me Time Untuk Ibu Rumah Tangga. Memangnya apa sih pekerjaannya? Kok butuh me time? Memangnya ibu rumah tangga juga butuh me time? Jelas dong! Dan berikut adalah contoh kegiatan me time untuk ibu rumah tangga.

 


Sebelum mau membahas tentang contoh kegiatan me time untuk ibu rumah tangga dan apa manfaat me time untuk ibu rumah tangga, aku mau cerita dulu. Pekerjaan ibu rumah tangga yang terkadang hanya dipandang sebelah mata atau ada yang bilang ‘cuma‘ ibu rumah tangga, sebenarnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Menurut aku, bukan hanya wajar tapi wajib kalau ibu rumah tangga membutuhkan me time.

 

Mengurus rumah, merawat anak, dan melayani suami selama 7/24. Terus, ada yang bilang cuma ibu rumah tangga? Kok mendengarnya saja sakit, ya? Coba bayangkan kalau mengurus rumah membutuhkan ART, mewarat anak butuh nanny, sudah berapa banyak duit yang keluar? Sayangnya, kebanyakan tidak memperhitungkan itu. Di sekeliling saya, banyak banget yang meremehkan ibu rumah tangga karena tidak menghasilkan uang. Mirisnya lagi, kebanyakan sesama ibu juga yang meremehkan ibu rumah tangga. Nah nah, bagaimana ini?

 

Padahal ya, menjadi ibu rumah tangga itu kewajibannya tidak hanya mengurus rumah, merawat anak dan melayani suami. Ibu rumah tangga juga berperan mengurus segala urusan rumah tangga, tidak hanya merawat anak saja tapi juga bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada anaknya dan menghadapi segala problematika anak-anak. Masih ditambah lagi dengan urusan suami.

 


Dengan segala tetek bengek yang harus ibu rumah tangga hadapi, akan ada resiko jika ibu rumah tangga tak punya waktu untuk me time. Kalau capek secara lahir dan batin, kebanyakan seorang ibu rumah tangga yang tak punya waktu untuk dirinya sendiri akan merasa menyesal menikah, bahkan ada ibu rumah tangga yang depresi, ketika capek seorang ibu juga akan mudah marah pada anak dan suaminya. Untuk menghindari semua itu, ibu rumah tangga butuh kegiatan me time.

 

Bahkan, Anna Surti Ariani, Psikolog dari Mediacare Clinic yang mengatakan bahwa me time  adalah sarana untuk membebaskan diri dari rutinitas sehari-hari guna mendapatkan energi baru untuk menghadapi rutinitas itu lagi (web katabunda.com). Dan menurut penelitian dari Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, me time membuat seseorang lebih kreatif, pikiran menjadi lebih jernih, menurunkan stress dan menurunkan resiko penyakit jantung. (web kumparan.com).

 

Dari penelitian dan menurut psikolog di atas, me time ini banyak sekali manfaatnya dan baik untuk seseorang. Bukan ibu rumah tangga saja ya yang butuh me time tapi semua orang.

 


Dari tadi ngomongin me time. Memangnya me time itu apa?

Me time adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri atau bisa diartikan juga ketika seseorang menghabiskan waktu untuk kesenangan dirinya sendiri.

 

Lantas, berapa lama waktunya me time untuk seorang ibu rumah tangga? Lama enggak? Kalau lama, nanti urusan rumah dan anak bagaimana?

 

Menurut Psikolog Kathleen Kendali Tacket di Amerika Serikat, ibu rumah tangga bisa kok me time selama 15 – 20 menit seharinya. Waktu tersebut sudah bisa membuat seseorang menjadi lebih rileks. Etapi, kalau lama enggak apa-apa sih, asal kewajiban tetap dijalankan yah, hehehe.

 


Dan berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan me time untuk ibu rumah tangga :

·         Melakukan hobi

Setelah sibuk dengan urusan anak dan rumah, tidak ada salahnya untuk melakukan hobi. Menyisihkan waktu untuk melakukan hobi bisa jadi kegiatan me time yang mengasyikkan loh.

·         Jalan-jalan

Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Saya suka jalan-jalan, tapi juga enggak sering-sering. Kalau keseringan jadi enggak asyik, hehehe. Buat saya jalan-jalan keliling kompleks dan menikmati waktu keluar dari rumah sudah menjadi me time dan membuat pikiran menjadi lebih refresh.

·         Berkumpul bersama teman atau sahabat

Meskipun sudah ibu-ibu, sudah menikah dan sudah mempunyai anak, bukan berarti tidak bisa berkumpul sama teman atau sahabat. Sehari meluangkan waktu untuk berkumpul dengan teman atau sahabat bisa menjadisalah satu kegiatan me time yang mevvah buat saya. Berkumpul bersama teman, makan bersama teman, bercerita seru-seruan, adalah hal yang sangat menyenangkan bagi seorang ibu rumah tangga.

·         Bertelpon dengan teman atau sahabat

Kalau tidak bisa berkumpul sama teman atau sahabat, bertelpon atau video call pun cukup. Bisa saling curhat atau membahasa masa lalu. Terkadang, bercerita pada teman atau sahabat itu bisa mengurangi beban kehidupan. Hehehe.

·         Membaca buku

Membaca buku bukan hanya bisa menambah wawasan, tapi juga bisa menjadi salah satu kegiatan me time. Di saat suntuk melanda, salah satu kegiatan me time saya adalah membaca buku. Kalau tidak membaca buku tentang parenting, biasanya saya membaca buku novel. Kalau stok buku novel habis, saya membacanya di aplikasi novel atau webtoon yang saya instal di smartphone saya.



·         Menonton film atau drama

Menonton film atau drama adalah kegiatan me time wajib buat saya. Biasanya sih kalau anak main atau sudah tidur, saya meluangkan waktu untuk nonton film atau drama. Dan kalau sedang suntuk dan butuh hiburan, saya lebih suka nonton film atau drama dengan genre komedi.

·         Bermain game

Saya adalah seorang ibu yang tidak melarang anaknya bermain game di gadget. Karena saya sendiri juga seorang ibu yang terkadang kegiatan me timenya adalah bermain game.

 

Bagi saya, bermain game bukan sekedar hiburan. Tapi terkadang dengan bermain game, saya akan bernostalgia dengan masa lalu. Selain itu, main game itu juga mengasah otak kita.

Biasanya saya bermain game di solitaire.org. Mama-mama semua pasti sudah pada kenal kan dengan game solitaire ini? Game tentang kartu-kartu kayak yang ada di pc-pc jadul itu loh. Dari dulu saya paling enggak bisa bermain game solitaire ini, etapi setelah mencoba di solitaire.org, kok bisa ya? Apalagi pilihan gamenya banyak dan ada cara mainnya juga.


Bermain game di solitaire.org ini banyak sekali macam-macam gamenya. Bukan hanya game kartu-kartu saja, tapi ada juga : puzzle games, word games, mahjong games, hidden object games, dan masih banyak lagi. 

Nah, itu adalah beberapa kegiatan me time yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Me time itu tidak harus lama dan tidak membutuhkan banyak uang. Demi kebahagiaan keluarga, seorang ibu wajib nih me time. Karena ibu yang waras, ibu yang bahagia akan menciptakan keluarga yang bahagia juga.

 

 

 

 

Comments

  1. Setujuuuu, sepenting itu memang Para Mommies melakukan "me time", demi kewarasan jiwa yang rawan tergerus oleh rutinitas, apalagi jika merasa kurang mendapat support dari lingkungan terdekat. Sempatkan me time walau sebentar, karena akan memberikan dampak yang besar dan jangka panjang. Semangat Mommies!

    ReplyDelete
  2. Ishh, bener bangettt, tiap mama pasti butuh me time.
    ga usah yg ribet2, sesimpel main games aja udah OK kok.
    Solitaire memang enjoyable banget!

    ReplyDelete
  3. Kangeeen bangeet main Mahjong & solitaire. Dulu tu aku hobi banget main ini. Emang beneran bisa buat Me Time nih. Mayan menghibur. Tapi kalo main bisa berjam-jam, haha. Betah

    ReplyDelete
  4. Me timeku sekarang senangnya olahraga jalan kaki keliling komplek, lumayan sambil bakar kalori. Solitaire dulu suka mainin pas masih zaman skripsian.

    ReplyDelete
  5. ibu2 nih yaa bukannya support sesama malah kadang nyudutin yakk.. tp nih sayangnya me time ga banyak yg bisa dapetin, jd mesti ada me time murah meriah dan bisa di rumah kayak main game atau baca buku dan nonton yaa..

    ReplyDelete
  6. Me time itu penting... setuju..
    Mama harus tetap waras dalam menghandle semua urusan domestik dan pengasuhan anak-anak. Bole lho sesekali main game begini, enteng, ngga perlu banyak mikir dan cukup menghibur.

    ReplyDelete
  7. Buat ibu ibu memang harus rajin menyiasati keadaan buat punya me time kok

    karena Ibu kan jantung rumah tangga, soko guru. pilar - kalau tidak "kuat" mentalnya pasti akan runtuh

    Aku juga penggemar "lari dari dunia nyata" dengan main game, dan suami tahu kalau lagi tenggelam gitu biasanya justru karena otakku lagi hectic

    ReplyDelete
  8. Me time itu memang penting bangeeet ya mba.. aku paling seneng baca buku, ngeblog, buat konten or jalan - jalan dan shopping kalau lagi me-time hehe

    ReplyDelete
  9. Bisa duduk santai sambil ngopi ditemani novel kesayangan tanpa gangguan tu udah happy banget. Abis itu semangat lf deh ngueus rumah n anak2

    ReplyDelete
  10. Yah, me time itu hal semua perempuan yak, hahaha. Kalo aku lebih suka me time itu fokusnya ke diri sendiri deh. Semisal nonton, perawatan, di rumah dasteran sambil makan apa gitu, hahaha

    ReplyDelete
  11. Main game iya sih masuk me time juga buat saya soalnya bikin rileks dan santai. Eh kadang bikin semangat juga sih buat memenangkannya.

    ReplyDelete
  12. ngurusin anak dan rumah jangan lupa sama hiburan untuk diri sendiri, yes? biar gak suntuk dan kena mental hahaa

    ReplyDelete
  13. Aku awalnya meremehkan me time lo.. karena berasa setiap hari ya...ini yang aku lakukan. Aku gak merasa apa-apa. Tapi ada hari-hari yang ternyata aku sendiri bingung mengenalinya, kenapa aku menyebalkan sih?

    Setelah tahu bahwa ada yang aku butuhkan, seperti bertemu dengan sahabat, duduk sebentar dan mengobrol. aku gak lagi mudah kezel di rumah. Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  14. Ternyata me time kita gak harus yg mahal2 yak. Bahkan nonton film kesukaan di rumah aja udah jd me time yg menyenangkan. Kalo saya pribadi me time pas cuci baju di lantai atas sambil baca komik pas anak2 bobok, hehe

    ReplyDelete
  15. Sebagian besar me time kita samaan mbak, cuma yang enggak pernah saya lakukan sekarang adalah bertemu sama sahabat atau teman. Jalan-jalan juga udah jarang banget nih haha butuh piknik ^_^

    ReplyDelete
  16. Solitaire itu permainan jadul tetapi masih aman dimainkan sekarang
    Daripada nonton yang aneh aneh di TV haha
    Bisa juga asah pikiran Solitaire ini

    ReplyDelete
  17. Salah satu me time saya jajan dan nonton heuheu. Jajan mie ayam sendiri sekalian ke pasar hahah

    ReplyDelete
  18. Yang butuh me time bukan hanya ibu rumah tangga kok, ibu yg bekerja juga butuh.
    Nah, kalau me time saya tuh banyak pilihan dan sepertinya semua pilihan saya ada di artkel ini, termasuk main game. Psst, game saya masih yg level sangat rendah.

    ReplyDelete
  19. Ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja tetap butuh me time. Ibu yang bahagia, kebahagiaannya akan menular ke anak-anak.

    Saya juga suka meluangkan waktu untuk membaca dan main game. Pak suami kalau lihat saya asyik main game juga cuek aja, butuh apa-apa dia cari sendiri. sudah maklum kalau istrinya lagi main game itu artinga nggak boleh diganggu

    ReplyDelete
  20. Ibu rumah tangga yang tidak menyadari haknya untuk me time itu biasanya tidak asyik. Cenderung pemarah, sombong (karena seperti katak dalam tempurung) dan hawanya ga enak untuk didekati. Kayak tetangga saya. Wkwkwk. Ups...
    Kebetulan saya suka membaca, menulis, menghayal, nonton drama, jalan-jalan, main game dll. Menurut saya itu menyenangkan. Perihal mana yang dipilih dalam satu waktu, tergantung mood aja. Yang penting tidak lupa kalau itu sekadar me time, bukan yang sepanjang waktu

    ReplyDelete
  21. yang jelas me time itu butuh demi menjaga kewarasan ibu, biarlah anak menangis sedikit lebih lama dari biasanya, tapi setelahnya kita bisa membuatnya tertawa lebih lama pula karena kita sudah diberikan waktu jeda untuk istirhat dan bahagia, dan bentuk me time tiap orang beda sih, sebisa mungkin yang menghibur aja sih hehehe yang happy

    ReplyDelete
  22. kalau aku sebagai ibu pekerja plus ibu rumah tangga, maka saat berangkat kerja adalah saat aku berme time.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL. Sudah punya rencana mau liburan, tapi gagal total karena Si Kecil demam. Pernah ngalaminnya enggak, Mak? Kalau saya sih pernah ngalaminnya. Jauh-jauh hari sudah berencana liburan, sudah bikin list mau ke mana dan ngapain saja sampai sudah nyiapin semuanya, eh tapi... Kecewa dan sedih sih pasti. Etapi lebih sedihnya lagi itu ngelihat Si Kecil yang dikit-dikit rewel. Jangankan jadi mikirin liburan, mikirin gimana nurunin demamnya Si Kecil dan bikin Si Kecil ceria kembali saja sudah menguras pikiran. Huft... Sebenarnya, demam itu bukanlah penyakit loh, Mak. Akan tetapi, demam merupakan sebuah gejala. Dan biasanya, demam lebih sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun karena sistem kekebalan pada bayi belum terbentuk secara sempurna. Penyebab demam sendiri juga bukan suatu yang serius atau gawat. Akan tetapi, sebagai ibu, kita perlu mengetahui apa penyebab demam. 1

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM. Berawal dari akun istagram saya yang ditantang oleh Gisela Anastasya untuk mengikuti tantangan Program Bekal Masa Depan Chil Go (BMD Chil Go) , dan langsung saya iyain, akhirnya saya mulai memikirkan masa depan Baby Juna yang baru berusia 20 bulan. Selama ini sih saya masih nyantai saja, soalnya Baby Juna masih kecil. Etapi ternyata pemikiran saya itu salah kaprah, saya seharusnya sudah menyiapkan bekal masa depan Arjuna sedari usia dini. Bekal masa depan Baby Juna bukan soal dana pendidikan saja loh ternyata, tapi kecerdasan adalah bekal utama bagi masa depan Baby Juna. Nah kalau dananya tersedia tapi kemampuannya tidak ada, bagaimana? Apa bisa tuh mewujudkan cita-cita Baby Juna? Apa Saja Sih Yang Perlu Disiapkan Untuk Bekal Masa Depan? 1.      Kenali kecerdasan Si Kecil Ada 6 langkah aktivasi multitalenta anak, yaitu : a.     Kecerda

SETAHUNAN ARJUNA

SETAHUNAN ARJUNA Alhamdullilah, setahunan Mas Juna dalam adat Jawa 13Laoan 14M27D Udah banyak akal, diperintah ambil ini itu udah mudheng Udah tahu juga nama temen-temennya seperti Cha, Fa, Ijah... dan rumahnya sebelah mana juga nuding nuding Udah bisa juga komentar, minum air putih katanya "nda nak" alias enggak enak Udah mudheng Allah yang artinya sholat dan bisa nungging sama berdiri Selalu berayukur, setiao hari anak tambah akal Merawat dan mendidiknya dengan caraku dan yakin, selalu berikan yang terbaik Selalu bangga untuk tumbuh kembangnya... I'M HAPPY MOM... :) A photo posted by Witri Prasetyo Aji (@witri_nduz) on Feb 8, 2016 at 4:26am PST Hey Mom, apa kabarnya? Sudah lama yaaa, saya enggak cuap-cuap di sini. Kalau enggak salah, ini postingan pertama aku di tahun 2016. Kali ini, aku mau cerita soal acara 'setahunan'nya Mas Arjuna nich, Mom.