Skip to main content

DIBALIK SEBUAH RAHASIA SENTUHAN SEORANG IBU DAN BAYI

DIBALIK SEBUAH RAHASIA SENTUHAN SEORANG IBU DAN BAYI

DIBALIK SEBUAH RAHASIA SENTUHAN SEORANG IBU DAN BAYI. Menjadi seorang ibu itu adalah sebuah keajaiban yang tak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Semenjak tahu kalau ada janin berusia 6 minggu dalam rahim saya, saya merasa bahagia, kaget, di antara percaya dan tidak percaya. Hingga akhirnya, sayapun jatuh cinta pada dia yang tumbuh di rahim saya dan belum saya lihat wujudnya.


Mencintai dia yang belum terlihat, mungkin terdengar aneh. Namun, begitulah faktanya. Merawatnya hingga akhirnya hari yang dinantikan itu tiba, hari kelahirannya.

Sungguh, Maha Besar Allah yang telah memberikan kepercayaan buat saya dan suami. Kelahiran seorang bayi laki-laki yang menyempurnakan hidup saya sebagai seorang wanita. Kala itu, betapa bahagianya saya hingga tak mampu saya ceritakan dengan kata.


Menjadi seorang ibu adalah impian setiap perempuan. Hayo coba katakan pada saya, perempuan mana sih yang tidak ingin menjadi seorang ibu? Hampir semua perempuan di dunia ini pastinya ingin menjadi seorang ibu. Dan sebagai seorang ibu, tentunya juga menaruh harapan-harapan besar untuk anaknya. Berharap yang terbaiklah, anaknya kelak menjadi seorang anak yang baik, yang pintar, yang soleh/solehah, bisa menjadi kebanggaan semua orang dan yang lainnya. Pun dengan saya, saya berharap kalau kelak anak saya akan menjadi anak soleh yang baik, pintar, sukses serta menjadi kebangaan keluarga. Aamiin.


Menjadi seorang ibu, peran baru dan pengalaman baru. Apalagi anak pertama, duh minim banget pengalamannya. Kala itu, saya masih suka nanya-nanya sama ibu, perawat, dokter serta belajar dari artikel-artikel yang saya dapatkan dari internet. Dan jujur, awal kehadirannya, saya masih takut-takut menyentuhnya. Apalagi memandikannya, menggendong, mengusap, memakaikan bedak pada bayi,  menyusui, ataupun mengganti popok, dan yang lainnya. Secara yah, kulit bayi itu masih sensitif banget.

Ngomongin soal kulit bayi, merawat kulit bayi di 28 hari pertamanya itu ternyata sangat penting sekali loh. Karena usia 28 hari pertama merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena masih mengalami perkembangan sistem dengan perubahan yang signifikan. Sayangnya, masih banyak bayi di Indonesia yang perkembangannya terhenti jauh sebelum memasuki 28 hari pertama. Hal ini menyebabkan angka kematian neonatal masih tinggi yang juga menjadi salah satu isu kesehatan di Indonesia.

Kasus kematian yang disebabkan sepsis melalui kulit di fase neonatal seharusnya dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang bayi. kulit bisa diberikan melalui kegiatan memandikan bayi dan rutinitas pemijatan yang tepat bersamaan dengan sentuhan ibu, pada dasarnya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan memperkuat kekebalan tubuh yang akhirnya dapat menyelamatkan nyawa yang berharga.


Dokter spesialis anak dr Bernie Endiarini Medise SpA(K) MPH menjelaskan selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif. Maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Selain itu, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah penting, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya.


Sentuhan ibu dengan bayinya ternyata juga membantu si Kecil berkembang dan mengenal dirinya dengan lebih baik. Salah satu manfaatnya adalah membantu perkembangan otak dan juga mental pada si Kecil. Dan berikut adalah beberapa manfaat sentuhan ibu dan bayi :
1. Sentuhan atau belaian orang tua mampu menstimulasi perkembangan bayi. Karena sentuhan bisa menstimulasi (merangsang) terbentuknya hormone pertumbuhan dan beberapa enzim tertentu yang berperan penting dalam masa tumbuh kembang bayi. Akibat adanya enzim-enzim ini, organ-organ tubuh bayi akan menjadi lebih sensitive terhadap hormone pertumbuhan. Tentunya hal ini akan semakin mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.
2. Sentuhan dapat merangsang perkembangan otak bayi. Karena sentuhan akan meningkatkan pertumbuhan myelin, sarung pembungkus saraf pada otak yang berperan dalam membantu proses pengiriman dan penerimaan pesan ke otak agar berjalan lebih cepat dan jelas. Hal ini menunjukkan bahwa sentuhan dapat memberikan rangsangan positif bagi otak bayi.
3. Sentuhan juga bisa memberikan pengaruh positif pada bayi. Menurut beberapa studi ilmiah, bayi yang banyak diberikan sentuhan dan belaian akan lebih mudah dikontrol perilakunya. Bayi yang sering mendapatkan sentuhan juga akan tidur lebih nyenyak dan menjadi tidak rewel.
4. Sentuhan akan meningkatkan rasa percaya diri pada bayi. Karena sentuhan yang diberikan dengan penuh kasih sayang akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada bayi. Selain itu, sentuhan juga akan mengenalkan kepada bayi akan arti nilai kasih sayang dan menyayangi. Bayi tak hanya akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih percaya diri, namun juga tumbuh menjadi pribadi yang bisa menyayangi dan peka pada lingkungan sekitarnya. Sentuhan akan merangsang bayi mengenal indera perabanya
5. Sentuhan akan merangsang bayi mengenal indera perabanya. Bekal pertama yang diperoleh bayi untuk mengasah indera perabanya adalah dengan memberikan sentuhan kepada bayi.
6. Sentuhan juga bisa melancarkan produksi ASI. Karena sentuhan antar kulit  ibu dengan si Kecil mampu meningkatkan kadar hormon Prolaktin di dalam tubuh Ibu, lho. Prolaktin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membantu tubuh Ibu memproduksi ASI. Dengan begini, ASI yang Ibu perlukan untuk menunjang bayi tumbuh sehat pun lebih lancar keluar.
7. Sentuhan akan semakin mendekatkan orang tua dengan bayinya. Sentuhan berupa pijatan lembut yang diberikan kepada bayi setiap hari akan membuat bayi menjadi lebih dekat dengan orang tuanya. Ikatan (bonding) yang semakin dekat dan kuat tersebut akan membuat orang tua mampu lebih mengerti bahasa tubuh bayi. Orang tua juga akan lebih mudah membaca tanda-tanda (komunikasi) yang diberikan bayinya. Dengan komunikasi yang lebih baik tersebut, orang tua akan semakin paham dan mengerti apa yang dibutuhkan bayinya sehingga tumbuh kembang bayi akan menjadi semakin optimal.

Begitu banyak manfaat sentuhan seorang ibu terhadap bayinya. Dan salah satu contoh sentuhan antara ibu dan bayinya adalah dengan stimulasi pijat bayi. Stimulasi pijat bayi ini juga bermanfaat bagi bayi dan orang tuanya.

Manfaat pijat bayi :
1. Menurunkan produksi hormon stresor --) bayi riang
2. Membantu bayi untuk berlatih relaksasi --) bayi riang
3. Membantu meredakan ketidaknyamanan (kolik, tumbuh gigi)
4. Membantu mengatasi gangguan tidur
5. Membuat tidur lebih lelap dan lama --) perkembangan memori
6. Membantu pengaturan sistem pencernaan, sistem respirasi dan sirkulasi --)
meningkatkan berat badan dan kesehatan
7. Memperbaiki sistem imun --) Bayi makin sehat
8. Membuat ikatan / bounding dengan ibu /orangtua

Manfaat pijat bayi untuk orang tua :
1. Memberikan perhatian spesial & mempererat ikatan/bonding
2. Membantu orang tua mengetahui bahasa(isyarat)non verbal bayi
3. Membuat rasa percaya diri dalam mengasuh bayi
4. Meningkatkan komunikasi orangtua&bayi
5. Meningkatkan kemampuan orangtua membantu bayi untuk relaksasi
6. Meredakan stres orangtua
7. Membuat suasana yang menyenangkan

Soal urusan pijat bayi ini, saya dulu juga tidak sembarangan. Berikut ada beberapa tips nih yang saya perhatikan sewaktu dulu saya memijat anak saya. Oh ya, selama 6 bulan pertama usia bayi saya, saya memijatnya 2 kali dalam sehari.


Hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan memijat bayi :
1. Menyediakan alas yang lembut dan rata.
2. Mencuci tangan yang bersih.
3. Memilih ruangan yang hangat dan tidak berangin serta sediakan waktu yang cukup
4. Melakukan pijat bayi dengan posisi yang nyaman dan kontak mata dengan bayi selama
pemijatan
5. Memulai sentuhan ringan dan perlahan, tingkatkan saat bayi anda merasa nyaman
6. Menyanyikan lagu dan memutarkan musik lembut agar relaks
7. Memerhatikan isyarat yang di tunjukkan oleh bayi (menangis, mengantuk, kehausan & rewel)
8. Untuk memudahkan dan tidak melukai kulit bayi, selalu gunakan baby oil atau baby lotion
9. Memandikan atau seka dengan air hangat setelah pemijatan
10. Tidak memijat bayi setelah minum atau makan
11. Tidak membangunkan bayi saat tidur hanya untuk memijat
12. Tidak memijat bayi saat sakit
13. Tidak memijat dengan kuku panjang dan tidak memijat dengan menggunakan perhiasan

Selain memerhatikan beberapa hal di atas, saya juga memerhatikan produk-produk yang mampu mengoptimalkan stimulasi pijat bayi seperti baby oil dan baby lotion. Kalau saya dulu, sampai sekarang, produk bayi yang saya gunakan adalah Johnson’s Baby.


Kenapa saya menggunakan Johnson’s Baby?
1. Produk baby oil dari Johnson’s Baby secara khusus diformulasikan untuk melembabkan dan melindungi penghalang kulit bayi
2. Produk baby lotion dari Johnson’s bisa mempertahankan/ memperbaiki level hidrasi (kelembaban kulit) agar fungsi pertahanan kulit terjaga
3. Dengan membeli produk Johnson's Baby berarti kita sudah ikut berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, yaitu dengan cara  membeli produk Johnson’s Baby jenis apapun senilai minimum Rp. 25.000 di seluruh gerai Alfamart di Indonesia. Johnson’s Baby akan mendonasikan Rp. 500,- ke Save The Children.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kampanye ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu :
@johnsonsbaby_id (Instagram)
@JohnsonsBaby_ID (Twitter)  
https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook)

Buibu semua, yuk ikut berkontribusi dalam kampanye Sentuhan Penuh Harapan, karena dengan mengikuti kampanye ini berarti kita sadar betul pentingnya sentuhan ibu bagi seorang bayi di masa tumbuh kembangnya.

Comments

  1. Rafa juga selalu pakai produk ini terutama baby oilnya

    ReplyDelete
  2. anak pertama dan kedua, saat bayi biasanya suami atau ART yang memandikan. Saya nggak berani. Anak ketiga, sampai usia 3 bulan, saya lap aja pakai air hangat pagi dan sore. Setelah lebih dari 3 bulan, baru saya berani memandikan di bak mandi bayi.

    ReplyDelete
  3. Sentuhan aja bs bikin sgitu bnyak manfaat bwt si kecil ya mbk,sesuatuu bgd,
    Btw aku jg pakek ini mbk kalau mijt bocah sendiri. Trs klok aku bawak ke tukang pijet jg aku surh pakek ini mbahnya.
    Nice share mbk, tengkiu, :)

    ReplyDelete
  4. Halo dek Junaaaa, makin gede makin ganteng nih, hihi

    ReplyDelete
  5. Ajaib banget emang deh sentuhan ibu itu, bikin bondingnya kuat..

    ReplyDelete
  6. Aduhhh jadi pengen punya baby lagi nih mbak, hihi

    ReplyDelete
  7. hal sederhana namun sangat berarti sekali ya, seorang ibu memang hebat termasuk ibuku!! :D

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen punya baby lagi..huhu.
    Dulu saya enggak ngurus anak pas sampai tiga bulan, takut salah..mamah saya yang urus, tugas saya cuma nyusui aja.
    begitulah, pengalaman gak ada, khawatir salah 😬

    ReplyDelete
  9. Betu sekali bu....dengan sentuhan belaian dan kasih sayang serta cinta kasih dari kita seorang ibu anak akan tumbuh menjadi anak yang penuh cinta dan penuh kasih sayang......
    Jika kita mempunyai bayi tentu kita ingin yg terbaik buat buah hati kita yg masih sangat kecil munggil dan ngegemesin produk perawatan bayi juga semakin beragam kita juga harus mengenalinya karena kulit bayi kita ada yg rentan dgn bahan2 tertentu ....

    ReplyDelete
  10. Aku pakai yg baby oilnya jeng..tapi bedaknya juga wangi... kalau aku pakai buat pijit2 intan anteng banget.. baby oilnya lembut

    ReplyDelete
  11. Menjadi seorang ibu itu memang suatu anugrah terindah kita mungkin menyianyiakannya maka dari itu sentuh dia cintai dan beri kasih sayang maka dia akan tumbuh menjadi manusia yg penuh kasih.....

    ReplyDelete
  12. Aku ndak bisa bayangin gimana sentuhan pertama kali ibu ke baby,tentu sungguh bahagia e mbak.
    Apalagu manfaat2 sentuhan ibu ke baby, subhanallah 😍😍😍
    *kapan punya baby? 😱
    Nikah dulu oiy 😂

    ReplyDelete
  13. Wew pijat untuk bayi bisa bikin tidur bayi jadi makin nyenyak ya. Dan banyak juga ya manfaat lainnya.

    ReplyDelete

Post a Comment