Skip to main content

KENALI 7 KEHEBATAN PERUT UNTUK TUMBUH KEMBANG MAKSIMAL


KENALI 7 KEHEBATAN PERUT UNTUK TUMBUH KEMBANG MAKSIMAL

Punya anak laki-laki yang super aktif itu sering sekali bikin pusing kepala plus capek, akan tetapi lebih capek lagi kalau dia rewel. Melihat rumah yang habis dibersihkan kembali berantakan itu memang menyedihkan lagi, akan tetapi melihat rumah rapi karena si anak mengalami ganggungan pencernaan sehingga dia ogah main itu lebih menyedihkan lagi.

Juna—anak semata wayang saya—ini adalah anak yang super duper aktif. Bukan hanya di rumah saja, tapi di sekolah ataupun di tempat yang dia kunjungi, dia selalu saya usil dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.


Hal-hal yang Juna sukai sedari kecil yaitu bermain bola—entah sepak bola maupun bola basket. Selain itu, dia juga suka bermain music seperti Ayahnya. Atau, kalau bersama saya, dia lebih suka bermain lego. Bahkan di rumah ada beberapa macam lego, mulai dari block, bombik sampai lego kapsul. Dan biasanya nih, Juna tuh bakalan anteng banget kalau sudah sibuk dengan barisan para legonya. Dia akan mulai berimajinasi, bikin rumahlah, robotlah, terus terkadang dia juga mulai berbicara sendiri.

Akan tetapi…

Pemandangan yang seperti itu tak terlihat jika dia mengalami yang namanya ganguan pencernaan. Sedari kecil, Juna tuh sering sekali mengalami yang namanya sembelit. Juna tuh sering banget susah BAB. Sebagai seorang ibu, saya terkadang tidak sampai hati melihat Juna yang kesakitan saat BAB.

Sayapun mulai mereview tentang pola makan Juna. Juna yang susah banget makan sayur—seperti saya. Terus, apa sufornya terlalu kental… dan bla… bla. Hingga akhirnya saya menggonta-ganti sufornya dan memberinya madu. Dan akhirnya sufor yang cocok buat Juna berhenti di Bebelac Gold rasa Madu.

Selama ini, saya paham banget kalau Juna itu suka madu. Tapi soal sufor, dia hanya mau yang rasa Vanilla. Tapi berbeda ketika dia saya beri Bebelac Gold rasa Madu.


Bebelac Gold ini diperkaya dengan Advansfibre, yang tinggi serat dan dapat memenuhi kebutuhan serat harian anak. Selain itu, Bebelac Gold juga mengandung Fish Oil, Corn Starch, FOS;GOS 1;9,  13 Vitamin dan 7 Mineral. Untuk selengkapnya, berikut adalah kelebihan Bebelac Gold dibandingkan dengan produk lainnya.

Kenapa sih saya tuh selektif banget soal sufornya Juna?

Ya… karena sufor memang berpengaruh sekali dengan pencernaannya Juna. Dan masalah pencernaan ini juga berpengaruh sekali buat Juna. Enggak mau dong melihat anak enggak ceria dan tumbuh kembangnya terhambat karena masalah pencernaan. Makanya, sebagai seorang ibu, sayapun akhirnya mulai mengenali tentang 7 kehebatan perut untuk tumbuh kembang anak yang maksimal.
1.    Pencernaan nyaman
Ketika saluran cerna anak dapat berfungsi dengan baik, ini akan berpengaruh pada kenyamanan pencernaannya. Saluran cerna anak yang berfungsi dengan baik, meliputi : fungsi mencerna dan menyerap makanan, pertahanan tubuh dan toleransi terhadap makanan yang dikonsumsi. Sementara ketidaknyamanan pada pencernaan, biasa anak akan rewel berkepanjangan, menggeliat, dan melengkungkan punggungnya seolah ingin menjauhi sumber ketidaknyamanannya, kembung, muntah, atau gangguan defeksi.

2.    Penyerapan nutrisi
Anak biasanya memerlukan jumlah kalori yang cukup besar untuk  memenuhi pertumbuhannya yang sangat cepat pada beberapa bulan pertama kehidupannya. ASI dengan kandungan lemak yang sangat tinggi menjadi pilihan efisien untuk memenuhi kebutuhan kalorinya. Dengan volume yang tidak terlalu besar, ASI dapat memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisinya.

3.    Pencernaan lancar
Salah satu tanda kalau pencernaan anak lancer dapat dilihat dari BAB-nya. Mulai dari frekuensi BAB-nya sampai dengan konsistensi dan warna fesesnya seuai atau tidak dengan usianya.

4.    Perlindungan alami
Saluran cerna yang sehat ternyata tidak hanya menjalankan fungsi mencerna dan menyerap makanan saja, akan tetapi juga berfungsi sebagai pertahanan tubuh.

70% sel daya tahan tubuh terdapat pada saluran cerna yang fungsinya dipengaruhi oleh keberadaan makanan dan mikroorganisme di dalam saluran cerna sebagai perlindungan alami.

5.    Tumbuh kembang optimal
Saluran cerna yang sehat pada awal kehidupan akan menjadi landasan pertumbuhan, perkembangan, kemampuan berinteraksi social, emosi, serta prestasi akademis anak di kemudian hari. Karena saluran cerna yang sehat akan mencerna dan menyerap zat nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan berkembangan anak, melindungi anak dari infeksi dan berinteraksi dengan otak.

Oh ya, sedikit cerita saja, saya punya teman yang anaknya mengalami ganggungan pencernaan. Itu berpengaruh sekali pada tumbuh kembangnya. Mulai dari soal pemilihan makanan yang saluran cernanya tidak bisa menyerap semua makanan sampai dengan pertumbuhan tubuhnya yang kurang maksimal. Nah, makanya masalah pencernaan pada anak tidak bisa disepelekan. Apalagi untuk awal kehidupannya. Karena pengaruhnya akan sangat besar untuk kehidupan selanjutnya.

6.    Cepat tanggap
Keterlibatan saluran cerna terhadap perkembangan otak banyak dikaji oleh para ahli terutama dikaitkan dengan peran mikroflora baik (Bifidobakteria atau Lactobacillus) di dalam saluran cerna dalam memetabolisme makanan yang dikonsumsi oleh anak. Mikroflora yang baik pada saluran cerna dapat mempengaruhi system saraf  untuk melepaskan neutotransmitter yang memberikan sinyal ke otak.

7.    Mengjaga suasana hati
95% hormon serotonin di dalam tubuh ternyata ditemukan oleh saluran cerna. Hormon serotonin ini adalah neutotransmitter utama yang dihasilkan oleh saluran cerna, sehingga otak akan mendapatkan sinyal untuk mengatur suasana hati, selera makan, tidur sampai dengan ingatan anak.

Selain hormone serotonin, mikroflora saluran cerna juga dapat mempengaruhi pengiriman sinyal dari saluran cerna ke otak, hlo.  Sehingga dapat berpengaruh pada kondisi mental, emosional, dan kognitif anak.
Nah Mom, ternyata kenali 7 kehebatan Perut untuk tumbuh kembang anak supaya maksimal itu penting sekali. Masaah pencernaan yang kelihatannya sepele ternyata berpengaruh besar untuk tumbuh kembangnya.




Comments

  1. Pantesan kalo anak bisa rewel karena lapar, karena memang ada hubungannya ya dengan tummy-nya dia

    ReplyDelete

Post a Comment