Skip to main content

Kelebihan ASI dan Pentingnya Pemberian ASI Pada Bayi

ASI yang merupakan singkatan dari Air Susu Ibu  adalah susu yang diproduksi oleh sang ibu untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat . ASI diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi . Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit .
sumber : wikipedia

Bagi umat beragama islam memberikan ASI pada anak hukumnya wajib , sebagai mana perintah Alloh SWT :
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, Yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. dan kewajiban ayah memberi Makan dan pakaian kepada Para ibu dengan cara ma’ruf. seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, Maka tidak ada dosa atas keduanya. dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, Maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS.Al Baqarah:233)
Di dalam surat Al Baqarah ayat 233, Allah swt memerintahkan para ibu agar menyusui anaknya selama dua tahun.  Tentu ada beragam hikmah dibalik perintah menyusui tersebut.

Fakta Penting Tentang ASI

Berikut fakta luar biasa dibalik kehebatan ASI :
1.Fakta Gizi ASI mengandung gizi komplit yang sangat diperlukan bayi yang baru lahir . Kolostrum salah satunya . Cairan yang ada pada ASI ini merupakan makanan pengandung gizi lengkap : protein , vitamin A , karbohidrat , dan lemak rendah . Cairan inilah yang benar-benar dibutuhkan seorang bayi ketika lahir . Selain itu , kolostrum juga mengandung zat kekebalan terutama lgA (immunoglobulin A) yang dapat melindungi bayi dari masalah pencernaan seperti diare. Satu lagi kelebihan kolostrum , yaitu mampu mengeluarkan kotoran bayi baru lahir yang biasanya berwarna hitam kehijauan. Kotoran seperti ini disebut mekonium. Taurin yaitu asam amino , Taurin banyak dikandung di dalam ASI . Zat ini berfungsi sebagai neurotransmitter (penghubung antarsyaraf) sehingga membantu bayi dalam proses maturasi otak atau perkembangan otak. AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Decosahexanoic Acid), yaitu asam lemak tak jenuh yang berfungsi dalam pembentukan sel-sel otak yang optimal.
2.Fakta Kecerdasan Bayi Kandungan gizi ASI terbukti mampu meningkatkan perkembangan sistem syaraf otak sehingga bayi menjadi cerdas . Ketika ibu menyusui , ucapan yang keluar dari mulut ibu dapat didengar oleh bayi dan merangsang syaraf-syaraf di otak untuk kemudian dicerna dan dipelajarinya .
3.Fakta Ekonomi Ibu yang menyusui bayinya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli susu formula atau susu pengganti ASI . Apalagi resiko lain yang bisa saja terjadi jika bayi tidak cocok dengan susu formula , misalnya sakit pencernaan , mencret , diare , dan sebagainya harus mengeluarkan biaya untuk pengobatan . Orang tua juga tidak perlu repot membeli peralatan menyusu seperti botol susu, termos air panas , dan lain-lain.
4.Fakta Kesehatan Menyusui tidak hanya menyehatkan bayi , tetapi juga menyehatkan ibu . Ibu yang menyusui bayi secara baik , kondisi kesehatannya jauh lebih baik dibandingkan ibu yang tidak menyusui . Ibu akan bangun dan tidur secara teratur karena bayi yang menyusu ASI memiliki pola tidur yang teratur.
5.Fakta Jarak Kelahiran Meski tidak semua ibu mengalaminya , pemberian ASI secara eksklusif telah terbukti dapat menunda kehamilan sehingga jarak kelahiran bayi dan adiknya dapat terjaga. Ini sekaligus sebagai alat kontrasepsi alami dan dikenal sebagai MAL (Metode Amenorea Laktasi)
6.Fakta Imun dan Kekebalan ASI mengandung zat anti infeksi yang disebut kolostrum. Di dalamnya terdapat sekretori lgA yang dapat melumpuhkan bakteri E Colli dan berbagai virus pada pencernaan, laktoferin (sejenis protein) yang dapat mengikat zat besi pada pencernaan, lysosim enzim yang dapat melindungi bayi dari bahaya bakteri (E Colli dan Salmonella) dan virus, sel darah putih yang mengandung tiga macam antibodi : Brochus- Asociated Lympocite Tissue (BALT) antibodi pernafasan,Gut Asociated Lympocyte Tissue (GALT) antibodi saluran pernafasan, dan Mammary Asociated Lympocyte Tissue (MALT) antibodi jaringan payudara ibu sumber : asiku

Comments

Popular posts from this blog

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS
MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS. Anaknya minum sufor? Banyak kaleng susu bekas? Kenapa enggak dimanfaatin saja buat bikin mainan?


Berawal dari kaleng susu bekas, bisa dibuat permainan loh. Kalau Arjuna itu, kaleng susu bekasnya suka banget buat mainan. Mulai dari disusun sampai setinggi-tingginya sampai dibikin drum.

Dan melihat Arjuna suka mukul-mukul kaleng susu bekasnya dengan ngasal, akhirnya sayapun punya ide, kenapa enggak dibikin drum saja? Alat pemukulnya sendoknya? So, kaleng dan sendoknya bakalan bermanfaat dari pada harus nganggur cantik di tempat sampah.


Oke, mari kita eksekusi, gimana sih caranya bikin drum dari kaleng susu bekas? Yang jelas sih gampang banget. Siapin ajah alat dan bahannya : kaleng susu bekas, sendok susu bekas, rafia, gunting dan solasi.
Cara bikin drum dari kaleng susu bekas : 1.Kumpulin kalengnya jadi satu 2.Lalu ikat dengan rafia (diikat supaya menjadi satu, biar enggak bececeran)

Cara bikin pemukul drum dari send…

Bermain Finger Paint dan Flubby Jelly

Bermain Finger Paint dan Flubby Jelly

Bermain Finger Paint dan Flubby Jelly. Finger paint? Flubby jelly? Finger painting adalah jenis kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan adonan warna (bubur warna) secara langsung denganjari tangan secara bebas di atas bidang gambar, batasan jari di sini adalah semua jari tangan, telapak tangan, sampai pergelangan tangan (Sumanto, 2005). Sementaraflubby jelly adalah salah satu sensory play menggunakan jelly.


Nah, hari Minggu ini, kebetulan saya full time di rumah, saya manfaatin saja tuh waktu untuk bermain sensory play dengan Baby Juna. Memang sih, permainan kali ini tuh bermain dengan kotor-kotoran dan cukup menguras tenaga (soalnya harus nyiapin alat dan bahan, terus bersihin alat-alatnya dan cuci baju cuy.... hehehe). Dan karena ada Ayahnya, ya saya manfaatin sajalah tenaga si Ayah. Hohihi LOL.
Oke, permainan hari Minggu ini adalah bermain Finger Paint. Hmm, saya menggunakan bahan tepung terigu yang saya kasih pewarna dan …

SETAHUNAN ARJUNA