Skip to main content

SETAHUNAN ARJUNA

SETAHUNAN ARJUNA


Hey Mom, apa kabarnya? Sudah lama yaaa, saya enggak cuap-cuap di sini. Kalau enggak salah, ini postingan pertama aku di tahun 2016. Kali ini, aku mau cerita soal acara 'setahunan'nya Mas Arjuna nich, Mom.

Sebelumnya, saya mau cerita dulu tentang adat istiadat di daerah saya. Di daerah saya itu Mom, kalau bayi baru lahir sudah ada acara Brokohan. Sejenis acara selamatan gitu, Mom. Terus ada acara sepasaran, itu loh acara lima harian. Terus acara selapanan, 35 hari. Biasanya pas selapanan ini Mom, bayi dicukur gundul. Ada juga 3 lapanan (35 hari x 3), 5 lapanan (35 hari x 5), 7 lapanan (35 hari x 7) dan baru setahunan.


Nah, yang mau saya bahas ini tentang acara setahunan Arjuna. Usia Arjuna genap 13 lapan (35 hari x 13) yang tepatnya sich 14 Bulan 28 Hari (kurang lebih yaaa, Mom).



Pada acara ini tuh, sama kayak acara sepasaran, selapanan, 3 lapan, 5 lapan dan 7 lapan, yaitu bancakan mong-mong (dipincuk) itu loh, Mom. Terus antar nasi ke Mbah Dukun (dukun beranak yang biasanya mijat bayi). Tapi kalau udah setahunan, biasanya bayi lepas dari Mbah Dukun, enggak perlu lagi dipijat dan enggak perlu sowan-owan lagi, Mom. Oh yaaa, perbadaan setahunan ini Mom, kita nggak cuma ngasih nasi plus lauknya ke Mbah Dukun, tapi juga ngasih Ayam hidup yang katanya sebagai penguripan. Dan satu lagi, acara setahunan enggak cuma bancakan mong-mongan ajah, tapi juga kenduri. Dan kalau tempat saya, biasanya kenduri satu RT dan juga motong ayam dan diingkung, Mom.


Dan Alhamdulilah yaa, Mom, kemarin pas Imlek memang enggak jalan-jalan. Tapi kami ngadain acara setahunan Arjuna. Alhamdulillah, berjalan lancar.

#HappyMom

Comments

  1. Hihihi udah gede dong ya mbak, Mas Arjuna :)) lucuuuuk :D

    ReplyDelete
  2. Tadi mampir mau cari persamaannya aja sama C'Mumut, siapa tau aja C'Mumut yang kelewatan setahun ini ada telat-telat kemampuannya. Ternyata pas mampir diriku tidak mengerti, hahaha. Apakah itu penguripan, bancakan :D tapi Alhamdulillah ya, moga sehat senantiasa tuk Arjuna dan emaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. terima kasih mama Lidha.. :)
      Salam kenal juga buat C'Mumut

      Delete
  3. selamat mas Arjuna, semoga makin lucu dan jadi kebanggaan ayah bunda :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH
MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH. Bahagia itu pilihan, tergantung bagaimana kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita. Kita enggak bisa mengatur mulut banyak orang, tapi kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita agar kita bisa BAHAGIA.
Kalau saya pikir sih, iya juga. Efek terlalu mikirin apa kata orang dan enggak mau dinyinyirin itu yang terkadang menjadi beban pikiran dan ujung-ujungnyan saya jadi enggak bahagia. Padahal, apapun yang ada di dunia ini pasti bakalan dinyinyirin juga. Entah itu baik atau buruk, kita enggak bisa memuaskan apa kata banyak orang.

Dulu, iya tahun lalu mungkin tepatnya, saya masih saja jadi ibu yang baper dan terlalu mikirin kata  orang. Endingnya, saya jadi enggak bahagia sendiri, mau ngapain takut dinyinyirin, mudah emosi dan keluarga jadi imbasnya. Bahkan, saya sampai mengalami krisis kepercayaan pada orang-orang terdekat.
Tapi semua sudah lewat yah, semenjak pertengahan Januari lal…

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS
MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS. Anaknya minum sufor? Banyak kaleng susu bekas? Kenapa enggak dimanfaatin saja buat bikin mainan?


Berawal dari kaleng susu bekas, bisa dibuat permainan loh. Kalau Arjuna itu, kaleng susu bekasnya suka banget buat mainan. Mulai dari disusun sampai setinggi-tingginya sampai dibikin drum.

Dan melihat Arjuna suka mukul-mukul kaleng susu bekasnya dengan ngasal, akhirnya sayapun punya ide, kenapa enggak dibikin drum saja? Alat pemukulnya sendoknya? So, kaleng dan sendoknya bakalan bermanfaat dari pada harus nganggur cantik di tempat sampah.


Oke, mari kita eksekusi, gimana sih caranya bikin drum dari kaleng susu bekas? Yang jelas sih gampang banget. Siapin ajah alat dan bahannya : kaleng susu bekas, sendok susu bekas, rafia, gunting dan solasi.
Cara bikin drum dari kaleng susu bekas : 1.Kumpulin kalengnya jadi satu 2.Lalu ikat dengan rafia (diikat supaya menjadi satu, biar enggak bececeran)

Cara bikin pemukul drum dari send…

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS


DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS. Akhir-akhir ini, mamah juna lagi rajin banget bikinin mainan sendiri buat Baby Juna. Yups, selain mencari irits, mamah juna juga mau belajar kreatif dan menstimulasi kecerdasan Baby Juna. Selain itu, juga mau mengalihkan perhatian Baby Juna dari tablet dan Thomas.
Baca : MorinagaChil Go, Bekal Masa Depan Untuk Generasi Platinum
Nah, setelah hari Minggu kemarin saya ngajakin Baby Juna mainan Fingger Paint dan Flubby Jelly, maka hari Kamis kemarin saya ngajakin Baby Juna main celengan. Kebetulan sayanya izin lantaran di rumah ada orang meninggal dan enggak ada yang momong Baby Juna.
Sebenarnya, Baby Juna sih sudah dari dulu sering main celeng-celengan. Kalau enggak salah semenjak usianya 17 bulanan. Kala itu sih karena kalau liat uang receh tahunya kerokan (secara saya kalau sakit harus dikerokin emak baru sembuh). Nah, dan kebetulan juga Baby Juna punya celengan. Makanya, saya alihkan ke celengan daripada k…