Skip to main content

TIPS UNTUK BALITA YANG BERMAIN GADGET

TIPS UNTUK BALITA YANG BERMAIN GADGET


TIPS UNTUK BALITA YANG BERMAIN GADGET. Saya adalah salah satu emak yang kebanyakan ekspektasi etapi beda jauh dengan realita. Secara, maunya lahiran normal tapi faktanya SC karena panggul saya sempit. Sudah ngeyel sama pak suami kalau Baby Juna entar harus ASI Eksklusif dan enggak boleh di dot tapi realitanya minuman yang pertama diminum Baby Juna malah sufor karena ASI baru keluar setelah 3 hari setelah Baby Juna lahir. Maunya ngasih Baby Juna MPASI Homemade malah faktanya saya ngasih Baby Juna MPASI Instan. Dannn... Ngeyel juga kalau Baby Juna entar boleh main gadget kalau usianya sudah 2 tahun lebih, sebelum 2 tahun kudu NO GADGET, tapi faktanya? Sebelum 2 tahun Baby Juna malah udah suka ngegame—meskipun game eduksi.


Lah, gimana bisa saya ngelarang Baby Juna main gadget kalau emaknya ajah ke mana-mana nenteng gadget? Ada waktu selo dikit langsung buka leptop, nemenin Baby Juna main ya sambil pegang smartphone dan cekrak-cekrek setiap kegiatan Baby Juna. Setiap sore Baby Juna juga ditelpon neneknya Cuma mau denger suara Baby Juna. Kayak gitu, masih mau bilang no gadget?


Saya menyerah. Sejak kecil Baby Juna sudah terbiasa dengan gadget meskipun sebatas menermia telpon. Ya teriak-teriak gitu kan, yaaa... Selain itu Baby Juna juga sudah terbiasa dengan kamera smartphone.


Saya enggak bisa munafik, faktanya Baby Juna itu bisa diem kalau sudah megang gadget. Ya, Baby Juna itu anak yang aktif, saya bahkan sering kuwalahan kalau mengawasinya. Makanya, kalau saya capek atau banyak kerjaan rumah, ya sudah saya kasih gadget.


Karena Baby Juna sudah terbias main gadget, tentunya saya juga punya tips dong agar Baby Juna enggak kecanduan gadget apalagi salah menggunakan gadgetnya. Tips ala saya adalah sebagai berikut :
1.    Batasi waktu
Meskipun Baby Juna suka main gadget, tapi saya enggak terus menerus membiarkan Baby Juna main gadget. Biasanya sih kalau saya capek nemenin dia main, atau kalau jelang Baby Juna tidur. Ya, pokoknya main gdgetnya kalau emaknya capek atau sibuklah.

2.    Gadget tanpa internet
Gadget yang dibuat mainan Baby Juna itu tidak tersambung internet. Saya sengaja tidak menyisipkan SIM CARD. Jadi, isinya Cuma game-game edukasi, lagu-lagu anak, do’a-do’a anak atau video kartun kesukaan Baby Juna atau kalau tidak main piano di gadget.

3.    Main game edukasi
Meskipun bisa ngegame, tapi game yang dimainkan Baby Juna adalah game edukasi. Jadi ngegame sambil belajar. Seperti marbel, game Petualangan Boci, puzzle. Dan karena game itu, di usia Baby Juna yang belum genap 2 tahun, Baby Juna sedikit demi sedikit sudah mudheng warna, alfabet dan bermain puzzle.


Ketiga tips itu adalah yang saya terapkan untuk Baby Juna. Okelah main gadget, tapi main yang aman dan mengedukasi. 

Comments

  1. suka dibatasi waktunya tp suka gak bisa nahan kalo anak ngemis2 pengen main gadget.hiks harus belajar tega pokonya!

    ReplyDelete
  2. Gadget ini emang dilema yaa, bisa bikin anak makin terasah kemampuannya, tapi kalo terbiasa, anak2 bisa kecanduan ��

    ReplyDelete
  3. Wuih, adenya lucu... sekarang memang gadget tidak lepas jd mainan anak2, tetapi harus tetap dibatasi durasinya

    ReplyDelete
  4. kalau kmrn pas konsul ke psikolog, maksimal main gadget nya 60 menit per hari

    ReplyDelete
  5. Aduh mba, sekarang ini balita suka pegang hape baru bisa diam. Ada juga yang hobi main you tube, kayak keponakanku.

    ReplyDelete

Post a Comment