Cerita Mama dan ARJUNA

Tuesday, 10 January 2017

5 HAL YANG WAJIB DIAJARKAN KEPADA ANAK SEDARI DINI

5 HAL YANG WAJIB DIAJARKAN KEPADA ANAK SEDARI DINI

5 HAL YANG WAJIB DIAJARKAN KEPADA ANAK SEDARI DINI. Hay hay apa kabarnya? Emaknya Juna berasa berdosa nget nget nget karena hampir sebulanan enggak menyambangi rumah maya #LittlePrinceARJUNA. Sekalinya menyambangi, malah posting sponsored post. Duh, mata duitan...

Etapi hari ini enggak kok, emaknya Juna enggak posting sponsored post, melainkan postinga berbau-bau tsurhat gitu dech.

Jadi yah, ceritanya itu emaknya Juna kadang berasa gimana gitu kalau ketemu sama anak-anak yang suka minta tapi asal serobot ajah, suka gimana juga yah sama anak-anak yang enggak tahu terima kasih kalau dikasih. Padahal kan itu sepele banget, etapi gimana lagi yah kalau enggak pernah diajarkan sih anak mana tahu. Dan menurut saya sih itu bukan kesalahan si anak pula.



Maka dari itu, emaknya Juna itu bener-bener ngasih Pe-eR ke diri sendiri buat ngajarin 5 hal ini ke Arjuna. Buat saya sich ini wajib banget, meskipun ada hal yang memang belum berhasil.

1.    Nyuwun/minta tolong
Nyuwun itu sebenarnya bahasa Jawa. Jadi, biasanya kalau anak-anak bawa makanan atau mainan suka digodain, pura-pura diminta, terus kalau mau minta lagi diajarin nyuwun dan enggak asal serobot.

Selain itu, kalau menyuruh sich saya ngajarinnya pakai minta tolong. Semisal : “Mama, minta tolong bikinin susu!”, “Mama, minta tolong setelin Dinourus.” Dan yang lainnya.

Jadi yah, kalau nyuruhnya pakai minta tolong itu kan rada enak didengar, enggak asal nyuruh saja. Alhamdulillah sih, untuk urusan minta tolong ini, Arjuna sudah bisa.

2.    Terima kasih
Terima kasih itu sepele banget. Etapi ternyata enggak semua anak bisa. Saya pernah ngasih jajanan ke anak teman, langsung diterima dan Cuma ngeliatin saya, enggak ada tuh kata-kata terima kasih. Padahal anaknya itu sudah TK. Duh...

Makanya, sedari kecil saya membiasakan Arjuna ngomong terima kasih. Sekarang kalau dikasih atau habis minta tolong ke saya, saya todong dengan pertanyaan, “bilangnya?”, langsung dijawab “makacih.”

3.    Salam
Kalau salam ini, salam Assalamualaikum yah, buat agama saya. Saya kurang ngeh kalau untuk agama yang lainnya.

Membiasakan anak masuk rumah mengucapkan salam serta menjawab salam, itu sudah mulai saya terapkan. Pun kalau Arjuna ditelpon sama neneknya. Dia pasti ngejawab “Kumsalam.” Memang belum fasih sih, seenggaknya dia mudheng.

4.    Permisi
Kalau lewat depan orang, seenggaknya anak diajarin sopan santun. Permisi. Untuk urusan ini, saya memang belum berhasil, Arjuna masih ogah-ogahan ngomong permisi dan suka main di sekitar orang-orang, nylonong sana-sini.

Etapi sebagai emak, tetep enggak bosan ngajarinnya. Kalau ewat depan orang itu, bilang permisi.

5.    Minta maaf
Minta maaf itu sesepele terima kasih, tapi lah kok ya syulit. Sayapun terkadang begitu. *ngaca.

Untuk urusan minta maaf, sudah sedari dulu sih ngajarinnya. Kalau Arjuna nakal, saya suruh minta maaf. Lah tapi kok yaaa belum berhasil. Kayaknya dia nurun emaknya, syulit minta maaf.

Iya, saya ngerti kalau Arjuna itu belum bisa ngomong maaf. Kalau diajarin ngomong maaf pasti jadi ma’em atau mak’e. Etapi Arjuna bisa loh ngomong I’m Sorry. Dan setiap kali dia berbuat salah, saya suruh ngomong Sorry. Tapi ya gitu, masih ogah-ogahan.

Nah, 5 hal dasar itu kalau buat saya wajib banget diajarin ke anak. Selain ngajarin di mengenal agamanya juga loh ya.


Kalau mamah-mamah lainnya bagaimana? Share yuk. Bisa juga tuh kasih saran dan kritik ke saya. 
Share:

14 comments:

  1. Kalau saya mengistilahkannya itu 5 kata ajaib yg bisa menentukan arah anak jadi baik atau buruk.

    Sedari dini sudah dipraktikkan alhamdulillah banyak yang sudah nempel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak, kalau Juna yang minta maaf
      masih syulittt :)

      Delete
  2. Sama, lima hal dasar itu juga yg kuajarkan ke Aiman

    ReplyDelete
  3. Jadi pengin segera punya anak dan menerapkan 5 hal bermanfaat ini. Izin buat saya ingat ya mbak, nanti akan saya aplikasikan kalau sudah punya anak. :D

    ReplyDelete
  4. Setujuuuuuu
    5 hal ini sangat mendasar membentuk karakter dan kepribadian anak dimasa depan. Anak2 akan belajar saling menghargai dan menghormati siapapun lawan interaksinya

    ReplyDelete
  5. 5 hal itu juga yg mulai aku ajarkan pada hamid..... makasih mba... jadi makin semangat..buat anak.

    ReplyDelete
  6. Kalau membalas saat dipukul teman perlu diajarkan tdk? AKu msh bimbang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau suamiku sih enggak apa-apa kalo membalas, penting enggak ngadu ke ortu. soalnya menurut suamiku, daripada ngadu, mending balas mukul... hehehe

      Delete
  7. bermanfaat sekali mba kalau saya pnya anak 19bulan baru ngajarin tolong saat menyuruh dan bilang makasih aja maklum si kecil belum fasil berbicara

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum fasih gpp Mbak, yg penting diajarin

      anak aku juga kok, ini aku lagi semangat ngajarin minta maaf... anaknya sulit banget disuruh minta maaf

      Delete

Follow by Email

Total Pageviews

IBX582E4C1C7C1F7

Popular Posts

Blog Archive