Cerita Mama dan ARJUNA

Wednesday, 11 January 2017

MULAI BELAJAR MEMPERSIAPKAN BEKAL UNTUK ANAK

MULAI BELAJAR MEMPERSIAPKAN BEKAL UNTUK ANAK


[SPONSORED POST]

MULAI BELAJAR MEMPERSIAPKAN BEKAL UNTUK ANAK. “Juna kan baru 2 tahun, udah nyari tips membuat bekal anak. Emangnya Juna sudah mau sekolah, ya?” Tanya seorang teman kantor kepada saya disaat saya lagi browsing soal tips membuat bekal anak beserta resepnya.

Saya hanya menggeleng. Jujur sih, Juna belum mau sekolah. Insya Allah tahun depan, kalau usianya sudah lebih dari 3 tahunan.

Etapi soal mengapa saya kok sudah mencari tips membuat bekal anak, ya memang karena saya sudah mulai mempersiapkan membuat bekal buat Arjuna. Bekal buat anak kan enggak harus kalau pergi ke sekolah saja, bis ajadi bekal buat traveling atau bermain. Apalagi saya tahu banget, Arjuna itu makannya angot-angotan, kadang mau kadang enggak dan gampang bosan, jadi kudu pinter-pinternya saya mengkreasikan makanan agar bisa menarik perhatian Arjuna.


Nah, dari artikel yang saya baca, ada beberapa tips membuat bekal untuk anak, diantaranya :

  1. 1. Mengkreasikan makanan menjadi berbentuk lucu, enggak masalah kok jika harus menambahkan pewarna makanan alami
  2. 2.    Menggunakan lunch box yang aman
  3. 3.    Memberikan makanan yang lebih bervariasi, sebisa mungkin sih setiap hari berbeda
  4. 4.    Pengemasan makanan agar makan tidak tercampur antara nasi, lauk, sayur dan buah


Selain tips di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita membuat bekal untuk anak, antara lain :

  1. 1  Pemilihan buah-buahan dan sayur. Sebisa mungkin sih kita memperhatikan takaran porsi buah dan sayur. Seperti contoh, satu porsi wortel sama dengan 118 gram dan satu porsi buah bisa sama dengan jeruk berukuran sedang.
  2. 2.    Lemak. Setiap anak membutuhkan lemak, tapi lemak yang berlebihan juga tidak bagus. Ada beberapa contoh makanan yang mengandung lemak, diantaranya : mentega, minyak, keju, kacang-kacangan, daging. Untuk makanan yang mengandung rendah lemak, adalah : buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak. Sedangkan makanan yang mengandung lemak baik HDL adalah : kacang-kacangan, ikan tuna dan ikan salmon.
  3. 3.    Biji-bijian. Yang dimaksud dengan biji-bijian adalah : nasi, sereal, roti dan pasta.
  4. 4.    Minuman. Sampai usia 9 tahun, anak membutuhkan 3 hingga 4 gelas susu setiap hari. Susu dan jus buah adalah 100% minuman terbaik untuk anak.
  5. 5.    Makanan seimbang. Contoh makanan seimbang adalah makanan yang terdiri dari kelompok makanan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, daging atau makanan berprotein, dan produk olahan susu.

Dari tips membuat bekal untuk anak di atas serta beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat bekal untuk anak, saya mulai selektif nih memberikan makanan buat Arjuna.

Menjadi seorang ibu itu enggak mudah ya, kalau dulu bingung soal MPASI, sekarang bingung soal membuat bekal untuk anak. Etapi bagaimanapun itu, menjadi seorang ibu adalah suatu hal yang membanggakan.


Nah, buat bu-ibu yang anaknya sudah sekolah, tips membuat bekal untuk anak di atas sudah bisa dipraktekan. Sementara buat bu-ibu seperti saya, anaknya masih batita, enggak ada salahnya kok mencoba mempersiapkan bekal untuk anak.

Oh ya, ada beberapa contoh bekal untuk anak nih, seperti membuat bento, omelet sayir dan jamur, dan yang lainnya.  

Kalau saya sih baru belajar bikin bekal yang mudah bikinnya dan mudah beli bahan-bahannya. Untuk bahan, biasanya saya beli di Alfamart. Kebetulan saya punya kartu Ponta, jadi berbelanja sekalian dapat point. Lumayan kan, pointnya bisa ditukar ini ono. Lagian di Alfamart kalau hari Jumat, Sabtu dan Minggu juga ada promo, jadi berbelanja lebih hemat.


Bu-ibu, selamat mencobanya yah J
Share:

9 comments:

  1. Hai mba. Aku kalau buat bekal anak maunya yang tanpa hiasan nih karena emang gak jago hias. Hihiihi

    ReplyDelete
  2. Itu pic bekalnya bkin sendiri Mak? Apiknya:)

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu Prema masih balita, aku rajin bener bikin bento2an buat dia makan, dibuat bentuk lucu2, pake mata hidung dll. Anaknya demen dan semangat makannya

    Sekarang anaknya udah SD, udah gak mau dia, keburu lapar kalau harus dihias2 hahaha

    Btw itu yang difoto, keceeeeee

    ReplyDelete
  4. whuaaa...lucu-lucu bekalnya, kalau saya sampai sekarang masih bikin bekal seadanya untuk anak-anak sekolah

    ReplyDelete
  5. Makanan yang ditata dengan menarik emang bikin anak2 lebih semangat makan.

    ReplyDelete
  6. AKu kalau bawain bekal buat MAxy lbg banyak snack sih mbak soalnya waktu sekolahnya msh sebentr di TK

    ReplyDelete
  7. Woahhh bikin sendiri bentonta..kereen mbaa..mau gtu jg

    ReplyDelete
  8. Sekarang pun aku udah mikir kek mana nanti siapin bekal kalau Sid mulai sekolah. Khawatir dia iri lihat temannya bawa bento unyu-unyu. Keknya harus ambil kursus menghias makanan, hehehe

    ReplyDelete
  9. Wah kalau bekalnya bentuknya lucu2 gitu jadi sayang kalau dimakan hehehe :D

    ReplyDelete

Follow by Email

Total Pageviews

IBX582E4C1C7C1F7

Popular Posts

Blog Archive