Skip to main content

Memasukkan Unsur Alam Dengan Desain Biophilic



Memasukkan Unsur Alam Dengan Desain Biophilic

Tahukah Moms, bahwa penempatan tanaman hijau di dalam ruangan, penggunaan unsur kayu, atau sirkulasi udara yang baik dalam suatu hunian atau perkantoran adalah beberapa contoh dari penerapan desain biophilic?  Apa itu desain biophilic? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Desain biophilic adalah salah satu jenis desain yang mengedepankan sentuhan natural atau unsur alam. Istilah biophilia atau cinta alam muncul sekitar tahun 1980 ketika urbanisasi desa ke kota meningkat drastis, sehingga banyak manusia yang hidup menjadi manusia modern dan melupakan alam. Untuk mengembalikan kedekatan hubungan manusia dengan alam, maka terciptalah desain arsitektur biophilic ini.

Apa manfaat dari desain biophilic ini? Memasukkan unsur alam secara langsung maupun tak langsung, dapat mengurangi tekanan darah, menstabilkan detak jantung,  dapat mengurangi tingkat stress dan meningkatkan kenyamanan dan ketenangan diri.



Selain itu, adanya unsur alam dalam gedung perkantoran misalnya, dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas sebanyak 8%, meningkatkan kesejahteraan sebanyak 13%, dan menurunkan absensi ketidakhadiran karyawan.

Sumber : http://www.jual-apartemen.com

Desain biophilic secara tidak langsung juga menguntungkan dari segi ekonomi. Langkanya unsur alam di kota besar membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan alam menjadi ‘mahal’. Sebut saja untuk biaya menginap di hotel, pengunjung akan berani bayar lebih untuk kamar dengan pemandangan atau unsur alam. Hunian dengan desain biophilic pun lebih diminati sehingga calon pembeli berani bayar 4x lipat untuk desain yang dekat dengan alam ini.

Lalu, bagaimana cara menerapkan desain biophilic? Caranya cukup mudah. Anda dapat membuat taman hijau di halaman depan atau belakang rumah. Kemudian, perbanyaklah bukaan agar sirkulasi udara lancar. Jika rumah anda memiliki banyak sekat, bukalah beberapa sekat agar rumah anda juga terlihat lebih luas. Jika anda ingin menerapkannya di kantor, maka masukkanlah unsur alam pada perabot kantor anda, mengganti perabot kantor dari besi menjadi bahan kayu atau rotan dan  menambah atau memperbanyak tanaman hijau juga bisa menjadi contoh penerapan biophilic di kantor. Jangan lupa juga untuk memperbanyak bukaan cahaya pada rumah atau kantor anda. Cahaya matahari yang langsung masuk ruangan memiliki fungsi menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk memasukkan unsur alam dalam perabot kantor atau rumah Moms?

Comments

  1. mantap juga nich bisa dicoba, baru tau juga tentang dunia desain ini

    ReplyDelete
  2. Maksudnya alam yang alami dan alam buatan ya?
    Hm, iya sekarang ngetren foto yang fokusnya ke latar belakang kita. Baik alam natural maupun cuma ruangan yang instagramable hehee..

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL

TEMPRA : USIR DEMAM, CERIAKAN LIBURAN SI KECIL. Sudah punya rencana mau liburan, tapi gagal total karena Si Kecil demam. Pernah ngalaminnya enggak, Mak? Kalau saya sih pernah ngalaminnya. Jauh-jauh hari sudah berencana liburan, sudah bikin list mau ke mana dan ngapain saja sampai sudah nyiapin semuanya, eh tapi...
Kecewa dan sedih sih pasti. Etapi lebih sedihnya lagi itu ngelihat Si Kecil yang dikit-dikit rewel. Jangankan jadi mikirin liburan, mikirin gimana nurunin demamnya Si Kecil dan bikin Si Kecil ceria kembali saja sudah menguras pikiran. Huft...


Sebenarnya, demam itu bukanlah penyakit loh, Mak. Akan tetapi, demam merupakan sebuah gejala. Dan biasanya, demam lebih sering terjadi pada anak di bawah 5 tahun karena sistem kekebalan pada bayi belum terbentuk secara sempurna.
Penyebab demam sendiri juga bukan suatu yang serius atau gawat. Akan tetapi, sebagai ibu, kita perlu mengetahui apa penyebab demam. 1.Infeksi saluran pernafasan : infeks…

SETAHUNAN ARJUNA

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM

MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM
MORINAGA CHIL-GO, BEKAL MASA DEPAN UNTUK GENERASI PLATINUM. Berawal dari akun istagram saya yang ditantang oleh Gisela Anastasya untuk mengikuti tantangan Program Bekal Masa Depan Chil Go (BMD Chil Go), dan langsung saya iyain, akhirnya saya mulai memikirkan masa depan Baby Juna yang baru berusia 20 bulan. Selama ini sih saya masih nyantai saja, soalnya Baby Juna masih kecil. Etapi ternyata pemikiran saya itu salah kaprah, saya seharusnya sudah menyiapkan bekal masa depan Arjuna sedari usia dini.


Bekal masa depan Baby Juna bukan soal dana pendidikan saja loh ternyata, tapi kecerdasan adalah bekal utama bagi masa depan Baby Juna. Nah kalau dananya tersedia tapi kemampuannya tidak ada, bagaimana? Apa bisa tuh mewujudkan cita-cita Baby Juna?




Apa Saja Sih Yang Perlu Disiapkan Untuk Bekal Masa Depan?
1.Kenali kecerdasan Si Kecil Ada 6 langkah aktivasi multitalenta anak, yaitu : a.Kecerdasan multitalenta b.Pertahanan tubuh ganda c.Tumbuh ke…