Skip to main content

Bermain Game Online Bersama Anak di Plays.Org

 Bermain Game Online Bersama Anak di Plays.Org

 

Suatu ketika, si Juna bertanya pada saya : „Ma, kenapa temanku boleh main game ini, tapi kenapa aku enggak?“ tanyanya sembari menunjukkan salah satu aplikasi game online.

 

Memang, selama pandemi ini si Juna dan beberapa teman-temannya kalau main membawa smartphone. Smartphone itu bukan untuk sekolah daring akan tetapi malah buat mabar. Sebagai orang tua, jujur sih saya kurang setuju dengan anak-anak ini. Apalagi kalau main gamenya tidak sesuai umur.

 

Akhirnya, saya menjelaskan ke Juna kalau game ini itu untuk usia 12 tahun ke atas, sementara Juna masih 6 tahun. Saya jelaskan juga, kalau main game ya harus di dampingi mama atau orang dewasa di dekatnya.

 

bermain game online gratis di plays.org

Saya enggak melarang anak main smartphone. Saya juga enggak melarang anak untuk tidak bermain game online. Akan tetapi, semua ada aturannya. Termasuk main smartphone di batasi dan sudah mengerjakan tugas sekolah serta ngaji. Kalau main game online juga pilih-pilih sesuai usia. Biasanya, saya akan memilihkan game edukasi untuk anak-anak yang ada di plays.org.

 

Plays.org ini adalah sebuat situs atau web yang menawarkan game online secara gratis. Ada banyak sekali game online gratis yang ada di plays.org. Mulai dari game online yang mengedukasi untuk anak-anak sampai dengan game jadul yang mengingatkan saya pada masa kecil saya.

 

game online gratis di plays.org

Game online di plays.org yang paling disukai anak saya adalah dinosaur train game. Anaknya memang suka sekali sama dinosaurus. Ketika tahu ada game online tentang dinosaurus, anaknya excited banget.

 

dinosaur game di plays.org

Bukan cuma anak saya saja yang excited, tapi saya juga. Di plays.org ini saya juga bisa mencari game jadul yang mengingatkan saya pada masa kecil saya. Di plays.org juga ada game snake, main game ini saya jadi ingat handphone jadul. Semakin panjang ularnya, semakin bangga. Hehehe...

 

snake game di plays.org

Hal lain yang suka dari play.org ini tuh game online-nya bisa bisa dimainkan di laptop maupun di smarthphone (mobile friendly). Terus ada ada cara memainkannya juga. Gamenya ringan, jadi saya juga enggak perlu mikir  laptop atau smartphone bakalan ngehang atau tidak. Dan yang paling penting itu game online-nya gratis (sebagai emak-emak ini penting banget).

 

Anaknya kan masih kecil, kok dibolehin main game online?

Nah, seseorang pernah menanyakan ini pada saya. Bolehlah, boleh. Anak-anak zaman sekarang, banyak kan yang mainnya game online? Kalau saya melarangnya, wah nanti anak saya jadi kudet dong. Makanya saya membolehkan anak saya main game online, dengan syarat seperti yang saya ceritakan di atas. Boleh main game online kalau sudah mengerjakan tugas sekolah dan sudah mengaji.

 

berbagai macam game online gratis di plays.org

Lagi pula, bermain game online itu ada manfaatnya loh. Berikut adalah manfaat bermain game online untuk anak-anak :

  • 1.      Penggunaan bahasa Inggris. Rata-rata game itu kan menggunakan bahasa Inggris. Secara tidak langsung, saat anak saya bermain game online, dia juga tengah belajar bahasa Inggris. Kadang minta saya bacakan lalu bertanya tentang artinya.
  • 2.      Berlatih membaca. Meskipun menggunakan bahasa Inggris, anak saya terkadang juga belajar membacanya. Kadang dia mengeja, kalau pengejaannya salah, baru saya betulkan.
  • 3.      Mengenalkan teknologi. Lewat game online, anak belajar mengenal teknologi.
  • 4.      Melatih logika. Ketika anak bermain game online, dia juga belajar mengatur strategi untuk memenangkan game. Jadi, anak akan belajar menggunakan logika, menganalisa, dan memecahkan masalah.
  • 5.      Melatih kemampuan spasial. Melalui game online, kemampuan spasial anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan bervisualisasi akan terasah. Dan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitungnya. Selain itu, bermain game online juga juga membantu penggunaan motorik halus anak.
  • 6.      Melatih kerjasama. Ada beberapa game online yang dimainkan berpasangan. Di plays.org ini juga tersedia beberapa game yang dimainkan berpasangan. Ketika bermain game online berpasangan, anak akan berlatih kerjasama dengan temannya.
  • 7.      Melatih pengendalian emosi anak. Tidak jarang saya menemui anak-anak yang marah karena game online. Dari game online ini, saya mengajarkan anak saya untuk mengendalikan emosi. Untuk tidak marah-marah kalau dia kalah dalam bermain game online. Karena yang namanya permainan, pasti ada yang menang dan yang kalah.

 

Itulah beberapa manfaat bermain game online. Bermain game online tidak selalu berdampak buruk, asalkan ada batasannya dan pengawasan orang tua.

 

Buat para mama yang mengizinkan anaknya bermain game online, tapi bingung mau bermain game apa, bisa cek ricek game online di palys.org. Game online di plays.org tidak hanya untuk hiburan semata, tapi ada game edukasi buat anak-anak juga kok. Buat orang tua yang mau bernostalgia dengan game zaman dulu juga banyak kok.  

 

 

Comments