Cerita Mama dan ARJUNA

Friday, 14 July 2017

ANYANG-ANYANGAN DISAAT HAMIL? JANGAN DISEPELEKAN!

ANYANG-ANYANGAN DISAAT HAMIL? JANGAN DISEPELEKAN!

ANYANG-ANYANGAN DISAAT HAMIL? JANGAN DISEPELEKAN! Sebagai seorang ibu, saya sendiri sewaktu hamil tua pernah mengalami anyang-anyangan. Kala itu, sebal sih iya, karena sebentar-sebentar ke toilet untuk buang air kecil tapi yang keluar Cuma sedikit. Rasa sebal itu semakin menjadi apabila anyang-anyangan menyerang sewaktu malam hari, soalnya saya jadi tidak bisa tidur. Kalau siang hari sih pasti Cuma sedikit mengganggu pekerjaan saya dan berasa lembab saja di sekitar area kewanitaan. Dan kata orang-orang, anyang-anyangan disaat hamil itu sudah biasa.  Etapi, saya tidak bisa percaya begitu saja.

Sering anyang-anyangan itu membuat saya galau dan bertanya sana-sini serta googling, kenapa sih semakin besar kehamilan saya kok saya semakin sering anyang-anyangan? Ternyata eh ternyata, usia kandungan yang semakin membesar, berat bayi semakin besar maka akan menekan bagian kantung kemih. Bagian kantung kemih yang tertekan tadi akan menimbulkan keinginan buang air kecil dengan sering. Walaupun urin yang ada di dalam kantung kemih jumlahnya jauh lebih sedikit. Dan jika kantung kemih tersebut tertekan, maka ibu hamil biasanya akan merasakan gejala ingin buang air kecil secara terus menerus.


Dan ternyata, anyang-anyangan pada ibu hamil yang tidak segera diatasi itu bisa beresiko pada bayi yang dikandungnya. Anyang-anyangan yang tidak ditangani dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Anyang-anyangan Dapat Dicegah
Meskipun anyang-anyangan lebih beresiko menyerang wanita, etapi jangan khawatir. Karena anyang-anyangan ini bisa dicegah.
1.       Lebih menjaga kebersihan
Ada baiknya kita perlu menjaga kebersihan. Apalagi bagi pasangan yang sudah menikah dan akan melakukan hubungan seksual. Ada baiknya, sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual, organ intim dibersihkan terlebih dahulu.
2.       Membilas dengan benar
Membilas dengan cara yang benar bisa menghindarkan anda dari infeksi saluran kemih. Kebanyakan orang menggunakan cara membilas yang salah yaitu dari belakang ke depan, padahal membilas yang benar adalah dengan cara depan ke belakang. Sehingga kuman dan bakteri tidak akan masuk ke vagina. Jika membilas dari arah belakang ke depan justru akan membawa semua kuman dan bakteri masuk ke dalam saluran kemih sehingga rentan menyebabkan anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
3.       Jangan menahan berkemih
Ternyata, menahan berkemih (kencing) justru bisa membuat seseorang terkena infeksi dikarenakan menahan berkemih bisa membuat bakteri E.Coli yang sudah menempel menjadi berkoloni semakin banyak.
4.       Memakai celana dalam ketat
Ada baiknya memakai celana dalam yang lebih longgar. Karena bakteri bisa muncul karena celana dalam yang ketat. Wanita yang sedang mengalami keputihan akan memiliki banyak bateri dan jamur di organ intimnya. Kondisi itu akan diperparah dengan penggunaan celana dalam yang ketat. Celana dalam yang ketat bisa menjadi penyebab anyang anyangan karena kuman dan bakteri bisa masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
5.       Mandi dengan air yang mengalir
Mandi dengan air yang mengalir ternyata bisa mencegah adanya infeksi saluran kemih. Alasannya adalah saat mandi menggunakan air yang mengalir kuman dan bakteri bisa luruh bersamaan dengan air yang diguyurkan. Sedangkan mandi dengan bath up bisa membuat kuman dan bakteri berada di dalam rendaman air di dalam bath up tersebut.
6.       Sering mengkonsumsi Cranberry
Proantocyanidin yang terkandung dalam buah Cranberry dapat mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih. Sering mengkonsumsi buah Cranberry dapat menghindari kita terkena anyang-anyangan. Saat ini buah Cranberry sudah dapat ditemukan di pasaran dalam bentuk supplemen yang berisi ekstrak Cranberry.

Dan cranberry ini bisa kita dapatkan di produk Prive Uri-cran.

Mengenal Cranberry
Cranberry (Vaccinium oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tanaman yang biasanya tumbuh liar. Tanaman cranberry memiliki banyak kesamaan dengan blueberry, hanya saja cranberry mempunyai warna merah tua. Buah cranberry yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Konon, buah ini sudah diketahui khasiatnya sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, yakni sebagai obat luka akibat terkena panah. Beberapa tahun terakhir ini, cranberry populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Cranberry mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.


Share:

1 comment:

  1. Bahagia banget yaa Mba bila terbebas dari anyang-anyangan saat hamil, gak perlu bolak-balik ke kamar mandi

    ReplyDelete

Follow by Email

Total Pageviews

IBX582E4C1C7C1F7

Popular Posts

Blog Archive