Skip to main content

SO GOOD CERDIK, CARA MENDONGENG ALA EMAK ZAMAN NOW

SO GOOD CERDIK, CARA MENDONGENG ALA EMAK ZAMAN NOW

Mendongeng? Apa sich mendongeng itu? Mommy suka mendongeng tidak? Kalau saya sich jujur saja, sebenarnya saya suka mendongeng tapi saya tidak fasih mendongeng. Jadi kadang saya mendongeng tapi tidak mengasyikkan hingga yang mendengarkan dongeng saya malah bosen.

Mendongeng adalah merupakan keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dariketerapilan berbicara.


Kalau zaman dahulu, biasanya mendongeng dengan cara membacakan buku. Etapi berbeda dengan zaman sekarang, teknologi sudah canggih, kita bisa membacakan dongeng dari smartphone kita atau anak mendengar cerita dongeng dari televisi.

Oh ya, mendongeng sendiri ternyata banyak sekali loh Mom manfaatnya, di antaranya :
1.     Memperkaya kosa kata anak
2.    Lewat bercerita, sama sajakita menstimulasi daya imajinasi dan berfikir anak agar tumbuh menjadi anak yang kreatif
3.    Melatih kemampuan mendengar
4.    Melatih daya ingat anak, yaitu dengan cara memberi pertanyaankepada anak tentang dongeng yang kita ceitakan atau menyuruh anak untuk menceritakan kembali tentang cerita dongeng yang baru sajakita ceritakan
5.    Memperkenalkan anak dengan hal-hal disekitarnya
6.    Semakin banyak atau sering mendegar, maka anak akan semakin mudah untuk berbicara
7.    Memprerat hubungan antara orang tua dengan anak, biasanya setelah mendongeng, orang tua akan memeluk anaknya
8.    Meningkatkan minat baca
9.    Meningkatkan keterampilan problem solving
10.  Mengembangkan emosi
11.   Memperkenalkan nilai-nilai moral
12.  Memperkenalkan ide-idebaru
13.  Memperkenalkan tentang budaya

Ternyata ya Mom, manfaat mendongeng itu banyak sekali. Saya jadi nyesel karena saya jarang mendongeng buat Arjuna.


Nah, mumpung di usia Arjuna yang ke 3ini dia sudah paham soal cerita, bahkan kalau nonton film saja dia bisa menceritakan kembali dengan versinya sendiri, saya seolah dituntut harus bisamendongeng. Apalagi 3 tahun itu kan masih usia emas, rasanya kok sayang jika saya melewatkannya begitu saja.

Okelah, saya ini seorang working mom dengan segudang aktivitas. Maka dari itu, saya tidak boleh melewatkanf amily time begitu saja. Kalau biasanya saya cuman nemenin atau membuatkan mainan buat Arjuna, resolusi saya di usia Arjunayang ke 3 ini adalah saya harus bisa mendongeng.

Akan tetapi, saya perlu belajar menjadi pendongeng yang baik. Secara, saya kan enggak fasih mendongeng. Makanya, hal-hal yang harus saya persiapkan sebelum mendongeng adalah :
1.     Memilih cerita yang menarik buat anak
2.    Memastikan kalau saya sudah tahu alur ceritanya atau sudah hafal tentang ceritanya
3.    Mengawali dongeng dengan kata ‘pada suatu hari’ atau ‘dahulu kala’
4.    Mendongeng dengan menggunakan kata-kata sendiri yang mudah dimengerti oleh anak
5.    Mengadakan interaksi seperti tanya jawab dengan anak

Kelima poin tersebut adalah hal-hal yang harus saya pelajari. Dan bicara soal poin nomor satu, yaitu tentang memilih cerita dongeng, zaman sekarang itu memilih cerita dongeng lebih gampang. Berbeda dengan zaman dahulu, mendongeng dengan membaca buku, nyari buku ke toko buku dan bukunya belum tentu ada. Tapi sekarang?

Mau mendongeng tinggal tanya Mbah Google, mau cari cerita dongeng apa saja sudah tersedia.

Dan tahu enggak Moms? Sesuai perkembagan teknologi, emak zaman now punya cara tersendiri loh untuk mendongeng dengan asyik? Bahkan, kalau kita enggak pandai mendongeng, kita juga tak perlu pusing.

SO GOOD CERDIK, cara mendongeng ala Emak zaman now!

Nah loh, kalau biasanya nih, So Good itu identik dengan makanan, kali ini So Good bisa jadi cara baru untuk mendongeng loh, Moms.

Ya memang masih dekat dengan makanan kok, karena kita bisa dapat cerita dongengnya setelah kita beli makanan So Good.

Oh ya, mau tahu gimana caranya mendongeng ala emak zaman now?
1.     Beli So Good varian apa saja yang ada stikernya, berhadiah CERDIK


2.    Setelah itu, ambil stiker yang ada dalam kemasan So Good. Ya, hanya stiker ya Moms
3.    Sudah punya stikernya, Moms harus download dan instal aplikasi So Good Cerdik yang ada di play store
4.    Setelah berhasil mendownload dan menginstalnya, buka aplikasinya. Ada beberapa pilihan menunya loh Moms, diantaranya : mulai, resep, pengaturan, bagikan ke media sosial


5.    Untuk memulai bercerita, klik saja menu mulai. Di sini Mom, tampilannya itu adalah tampilan kamera. Di mana kita diminta untuk menscan stiker yang kita dapatkan dari pembelian So Good tadi. Kalau kita pas menscannya, maka akan muncul tampilan buku seperti di bawah ini. Dan yang jelas ya Moms, bisa bersuara loh. Buat saya ini membantu banget buat mommy-mommy yang enggak pinter mendongeng kayak saya



Iya, Cuma gitu saja loh Moms. Jadi emak zaman now itu enak dan gampang ya Moms. Enggak pinter ngedongeng ya tinggal beli So Good, scan stikernya dan biarkan anak mendengarkan dongengnya lewat So Good Cerdik.

Akan tetapi ya Moms, meskipun mendongeng zaman sekarang itu mudah, kita juga harus menemani anak kita loh Moms. Setidaknya, setelah anak selesai mendengarkan dongengnya, kita bisa memberinya pertanyaan soal dongeng yang baru saja didengarnya. Atau kalau tidak, kita bisa meminta anak kita untuk menceritakan kembali tentang dongengnya.


Nah Moms, selamat mencobanya dan selamat mendongeng ya Moms...

Comments

  1. Aku juga mau didongengin donk, kangen masa kecil deh. Tapi jaman now mah makin canggih dan emak2nya cerdik, apalagi adanya aplikasi ini yaaa, kereen!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH
MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH. Bahagia itu pilihan, tergantung bagaimana kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita. Kita enggak bisa mengatur mulut banyak orang, tapi kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita agar kita bisa BAHAGIA.
Kalau saya pikir sih, iya juga. Efek terlalu mikirin apa kata orang dan enggak mau dinyinyirin itu yang terkadang menjadi beban pikiran dan ujung-ujungnyan saya jadi enggak bahagia. Padahal, apapun yang ada di dunia ini pasti bakalan dinyinyirin juga. Entah itu baik atau buruk, kita enggak bisa memuaskan apa kata banyak orang.

Dulu, iya tahun lalu mungkin tepatnya, saya masih saja jadi ibu yang baper dan terlalu mikirin kata  orang. Endingnya, saya jadi enggak bahagia sendiri, mau ngapain takut dinyinyirin, mudah emosi dan keluarga jadi imbasnya. Bahkan, saya sampai mengalami krisis kepercayaan pada orang-orang terdekat.
Tapi semua sudah lewat yah, semenjak pertengahan Januari lal…

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS
MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS. Anaknya minum sufor? Banyak kaleng susu bekas? Kenapa enggak dimanfaatin saja buat bikin mainan?


Berawal dari kaleng susu bekas, bisa dibuat permainan loh. Kalau Arjuna itu, kaleng susu bekasnya suka banget buat mainan. Mulai dari disusun sampai setinggi-tingginya sampai dibikin drum.

Dan melihat Arjuna suka mukul-mukul kaleng susu bekasnya dengan ngasal, akhirnya sayapun punya ide, kenapa enggak dibikin drum saja? Alat pemukulnya sendoknya? So, kaleng dan sendoknya bakalan bermanfaat dari pada harus nganggur cantik di tempat sampah.


Oke, mari kita eksekusi, gimana sih caranya bikin drum dari kaleng susu bekas? Yang jelas sih gampang banget. Siapin ajah alat dan bahannya : kaleng susu bekas, sendok susu bekas, rafia, gunting dan solasi.
Cara bikin drum dari kaleng susu bekas : 1.Kumpulin kalengnya jadi satu 2.Lalu ikat dengan rafia (diikat supaya menjadi satu, biar enggak bececeran)

Cara bikin pemukul drum dari send…

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS


DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS. Akhir-akhir ini, mamah juna lagi rajin banget bikinin mainan sendiri buat Baby Juna. Yups, selain mencari irits, mamah juna juga mau belajar kreatif dan menstimulasi kecerdasan Baby Juna. Selain itu, juga mau mengalihkan perhatian Baby Juna dari tablet dan Thomas.
Baca : MorinagaChil Go, Bekal Masa Depan Untuk Generasi Platinum
Nah, setelah hari Minggu kemarin saya ngajakin Baby Juna mainan Fingger Paint dan Flubby Jelly, maka hari Kamis kemarin saya ngajakin Baby Juna main celengan. Kebetulan sayanya izin lantaran di rumah ada orang meninggal dan enggak ada yang momong Baby Juna.
Sebenarnya, Baby Juna sih sudah dari dulu sering main celeng-celengan. Kalau enggak salah semenjak usianya 17 bulanan. Kala itu sih karena kalau liat uang receh tahunya kerokan (secara saya kalau sakit harus dikerokin emak baru sembuh). Nah, dan kebetulan juga Baby Juna punya celengan. Makanya, saya alihkan ke celengan daripada k…