Cerita Mama dan ARJUNA

Friday, 5 August 2016

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS



DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS. Akhir-akhir ini, mamah juna lagi rajin banget bikinin mainan sendiri buat Baby Juna. Yups, selain mencari irits, mamah juna juga mau belajar kreatif dan menstimulasi kecerdasan Baby Juna. Selain itu, juga mau mengalihkan perhatian Baby Juna dari tablet dan Thomas.


Nah, setelah hari Minggu kemarin saya ngajakin Baby Juna mainan Fingger Paint dan Flubby Jelly, maka hari Kamis kemarin saya ngajakin Baby Juna main celengan. Kebetulan sayanya izin lantaran di rumah ada orang meninggal dan enggak ada yang momong Baby Juna.

Sebenarnya, Baby Juna sih sudah dari dulu sering main celeng-celengan. Kalau enggak salah semenjak usianya 17 bulanan. Kala itu sih karena kalau liat uang receh tahunya kerokan (secara saya kalau sakit harus dikerokin emak baru sembuh). Nah, dan kebetulan juga Baby Juna punya celengan. Makanya, saya alihkan ke celengan daripada kerokan melulu.



Bermain celengan kala itu sih sembari belajar. Belajar berhitung dan Baby Juna baru bisa berhitung satu dua tiga saja. Etapi, ternyata ada hal lain yang saya dapatkan ketika ngajakin Baby Juna bermain celengan. Yaitu melatih konsentrasinya. Secara memasukkan koin ke dalam celengan itu kan butuh konsentrasi. Apalagi lubang celengan itu yang kecil.


Nah, dan hari Kamis kemarin akhirnya saya buatin celengan sendiri buat Baby Juna. Dari kardus bekas. Koinnya pun juga dari kardus bekas dan kertas bekas juga. Lubangnya saya bikin bentuk persegi panjang, lingkaran dan segetiga. Koin-koinnya besarnya juga berbeda. Niat saya sih supaya Baby Juna bisa ngebedain, kalau enggak bisa masuk di lubang sini, bisa dicoba di lubang satunya. E ladalah Baby Juna, enggak bisa masuk ya dipaksa. Wkwkw....


Dan akhirnya sayapun punya ide, membandingkan celengan asli yang disi koin sama celengan dari kardus. Saya suruh ajah tuh Baby Juna masukin koin-koinnya. Setelah terisi, saya suruh Baby Juna mengangkatnya, ternyata beratan celengan isi koin. Terus, saya juga suruh Baby Juna mengkocok celengannya, bunyi celengan koin dan celengan kardus berbeda.


Nah, dari bermain celengan ini, saya mendapatkan 5 ilmu untuk Baby Juna :
1.     Belajar berhitung sambil memasukkan koin ke dalam celengan
2.    Melatih konsentrasi
3.    Membedakan bentuk (persegi panjang, lingkaran, segitiga, besar dan kecil)
4.    Membedakan berat
5.    Membedakan bunyi

Untuk membuat permainan ini juga gampang banget.


Alat dan bahan :
1.    Celengan biasa
2.   Koin
3.    Kardus bekas
4.    Kertas kado (kalau saya pakai kertas marmer)
5.    Doubel tip
6.    Lakban bening
7.    Gunting
8.    Penggaris dan bolpoin


Cara membuat :
1.     Bungkus kardus dengan kertas kado/kertas marmer. Sebenarnya enggak dibungkus sih enggak apa-apa, tapi biar rapi saja sih. Dibungkus pakai koran/majalah bekas juga enggak apa-apa kok
2.    Setelah dibungkus, gambar persegi panjang/persegi, lingkaran dan segitiga, lalu gunting
3.    Dan untuk membuat koin-koinnya, bisa dibuat sembarang, mulai dari persegi, lingkaran, segitiga, bola-bola juga enggak apa-apa

4.    Dan tralalala... celengan sudah jadi dan siap dibuat mainan



SSelamat mencoba :)


Share:

3 comments:

Follow by Email

Total Pageviews

IBX582E4C1C7C1F7

Popular Posts

Blog Archive