Skip to main content

SMSBunda : BANTU SELAMATKAN IBU DAN ANAK MELALUI LAYANAN SMS GRATIS

SMSBunda : BANTU SELAMATKAN IBU DAN ANAK MELALUI LAYANAN SMS GRATIS

SMS BUNDA : BANTU SELAMATKAN IBU DAN ANAK MELALUI LAYANAN SMS GRATIS. Hamil dan melahirkan adalah sesuatu yang dinanti-nantikan oleh setiap isteri. Namun, di Indonesia masih banyak sekali ibu-ibu muda yang minim pengetahuan seputar  kehamilan, apalagi jika itu adalah kehamilan pertamanya. Dan di masyarakat juga berkembang mitos-mitos seputar kehamilan. Hingga, tak jarang jika mitos dan minim pengetahuan seputar kehamilan itu justeru menjadi informasi yang salah.



Dan saat ini, Indonesia adalah negara dengan tingkat Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) usia 0 s.d 28 hari, tertinggi di Asia Tenggara.  Kematian bayi baru lahir mencapai 60% dari keseluruhan kematian bayi di bawah usia 1 tahun. Hal ini dikarenakan  karena hanya 53% wanita Indonesia yang mendapatkan informasi mengenai tanda-tanda komplikasi kehamilan.

Dari data hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia mencapai 359 per 100.000 kelahiran hidup dan Angka Kematian Bayi (AKB) mencapai 32 per 1.000 kelahiran hidup.



Maka dari itu, pada bulan April 2014 hadirlah program SMSBunda yang bertujuan :
1.       Untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang hal yang perlu diantisipasidan layanan kesehatan yang diperlukan selama kehamilan, saat melahirkan dan masa pascapersalinan
2.       Meningkatkan kemampuan ibu untuk mengenalitanda bahaya selama kehamilan dan bulan pertama pascapersalinan

Tentang SMSBunda

SMSBunda adalah suatu program berbasis layanan SMS bebas bayar yang dikembangkan oleh Jhpiego dan GE Foundation untuk menjangkau para ibu hamil dan yang baru melahirkan dengan informasi perawatan antenatal, kelahiran dan pacsakelahiran.



Jhpiego dan GE Foundation menyadari jika penanganan yang cepat dan tepat selama kehamilan dan sesudah kelahiran mampu menyelamatkan nyawa ibu dan bayi yang baru lahir. Bila ibu dan keluarganya memiliki pengetahuan  tentang praktek perawatan kesehatan, tanda pada ibu dan bayi yang baru lahir, mereka akan lebih mampu merawat dirinya dan bayinya, serta paham akan cara mencari penanganan disaat komplikasi terjadi.

Maka dari itu, SMSBunda mengirimkan informasi-informasi ke ibu-ibu hamil maupun ibu baru saja melahirkan  secara langsung.

Tentang Jhpiego

Jhpiego adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang keluarga berencana (KB), kesehatan reproduksi, kesehatan ibu dan anak, pencegahan dan pengendalian infeksi HIV & AIDS dan penyakit menular.



Jhpiego telah menjalankan berbagai program kemitraan bersama sektor publik dan swasta di Indonesia sejak tahun 1980. Dan di antara mitra tersebut adalah Kementria Kesehatan Republik Indonesia, the U.S Agency for International Development (USAID), Ford Foundation, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, the John Hopkins Center for Communication Programs dalam berbagai program yang bertujuan untuk menyelamatkan hidup ibu dan anak serta untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas. Selain itu, Jhpiego juga mempunyai program kemitraan dengan perusahaan seperti ExxonMobil, Chevron dan BP untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas  di daerah operasional perusahaan tersebut.

Tentang GE Foundation

GE adalah perusahaan multinasional dalam bidang listrik & air, managemen energi, minyak dan gas, penerbangan, trasportasi kereta api, kesehatan, dan penerbangan. GE sudah ada di Indonesia sejak 40 tahun yang lalu.



GE mempunyai GE Volunteers yang merupakan wadah bagi para karyawan GE yang berkarya sebagai relawan di seluruh dunia. Dan GE Volunteers Indonesia telah menjalankan telah menjalankan berbagai program bakti sosial sejak tahun 1997 di bidang kesehatan maupun pendidikan.

Apakah hanya ibu hamil dan ibu baru saja melahirkan yang bisa bergabung dengan SMSBunda?
Hmm, sebenarnya tidak, ya? Bukan hanya ibu hamil dan ibu yang baru saja melahirkan yang bisa bergabung dengan SMSBunda. Tapi kita semua bisa bergabung dengan program SMSBunda.

Memang sih, SMSBunda ini lebih ditujukan kepada ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita usai 0 s.d 2 tahun. Etapi bukan berarti kita semua enggak bisa bergabung dengan SMSBunda. Secara, pengetahuan seputar kehamilan, persalinan dan perawatan bayi wajib diketahui oleh kita semua. Meskipun masih lajang sekalipun.

Lantas, bagaimana caranya bergabung dengan SMSBunda?

Cara bergabung dengan SMSBunda ini mudah sekali, yaitu dengan cara mendaftarkan diri dengan mengirimkan SMS ke nomor 08118 469 468 dengan menyebutkan tanggal perkiraan bersalin (HPL) dengan biaya Rp 300,-. Kemudian, ibu yang terdaftar akan menerima SMS bebas biaya tentang perawatan Antenatal (ANC) dan Postnatal (PNC) sesuai dengan usia kehamilan, mulai dari trimester pertama hingga 42 hari pascapersalinan. Isi pesan tersebut dikembangkan sesuai dengan buku pedoman “Kesehatan Ibu dan Anak” dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti mengenali tanda bahaya kehamilan, info gizi, imunisasi, air susu ibu (ASI), akses ke pusat layanan kesehatan dan keluarga berencana.




Sudah banyak sekali ibu-ibu yang bergabung dengan SMSBunda. Data yang diperoleh hingga Februari 2016 sudah mencapai 188.408 lebih ibu yang mendaftar SMSBunda dari 222 kota.




Cara Kerja SMSBunda itu bagaimana?

SMSBunda sengaja dipromosikan di wilayah yang memang sudah menjadi target program melalui kampanye masal. Dan untuk mendukung program tersebut, bidan daerah dibekali pengetahuan tentang layanan SMSBunda dan mengajak para pasiennya untuk mendaftar SMSBunda.




Nah, buat para ibu-ibu, calon ibu, saya rekomendasikan bergabung dengan SMSBunda. Terutama buat para calon ibu yang tengah mengandung. SMSBunda ini bermanfaat sekali, dan pengetahuan seputar kehamilan, persalinan serta perawatan bayi itu wajib diketahui oleh seorang ibu.

Dan enggak Cuma itu ajah loh yang bakalan ibu-ibu dapat dari SMSBunda. Tapi ada juga informasi seputar ASI dan MPASI.






Hamil? Jangan lupa daftar SMSBunda :)

Twitter : @SMSbundaInstagram : @smsbundaFanpage FB : SMSbunda

Comments

  1. Bermanfaat sekali untuk mama muda.

    ReplyDelete
  2. Salut banget sama program SMSBunda dan JHPiego ini. Emang udah well known sih ya. Dan salutnya lagi, mereka juga bisa ajak brand macam Mothercare utk dukung program mereka. Kwereeennn.

    ReplyDelete
  3. Sekarang makin mudah dapat info seputar kehamilan dan perawatan anak, tanpa didampingi ibu atau ibu mertua bisa dapat info lengkap di SMSBunda.
    Coba dari dulu..mungkin saya gak bakalan jadi emak yang payah. Hicks

    ReplyDelete
  4. Programnya keren ya dan sangat bermanfaat. Semoga banyak yg terbantu dengan adanya SMSBunda

    ReplyDelete
  5. Saya baru tau mbak kalau ternyata bayi bisa meninggal gara gara tidak diberi asi eklusif mengerikan sekali jadi takut mendengarnya.

    ReplyDelete
  6. yuukk segera daftar buat bumil2 di luar sana..bermanfaatbgt

    ReplyDelete
  7. Iya ini program keren. Dan dengan bentuknya yang berupa sms, bisa menjangkau semua kalangan masyarakat. Karena nggak harus pake internet seperti aplikasi.

    ReplyDelete
  8. Angka kematian bayi di sebanyak itu, Mbak? Mengerikan sekali.... semoga SMS Bunda bisa mengurangi AKI & AKB ya

    ReplyDelete
  9. sms bunda ini u memang sangat bermanfaat ya mba

    ReplyDelete
  10. Semoga kampanye smsbunda ini lancar dan tepat sasaran ya, aamiin. Informasi yang dibagikan bermanfaat sekali soalnya.

    ReplyDelete
  11. wah.. aku baru tau nih tentang smsbunda. ternyata yang sudah daftar sudah banyak sekali ya.. memang penting sih untuk para bunda agar tidak lupa dengan jadwal vaksinasi misalnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH

MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH
MENJADI IBU BAHAGIA ITU... GAMPANG-GAMPANG SUSAH. Bahagia itu pilihan, tergantung bagaimana kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita. Kita enggak bisa mengatur mulut banyak orang, tapi kita bisa mengatur pola pikir dan perasaan kita agar kita bisa BAHAGIA.
Kalau saya pikir sih, iya juga. Efek terlalu mikirin apa kata orang dan enggak mau dinyinyirin itu yang terkadang menjadi beban pikiran dan ujung-ujungnyan saya jadi enggak bahagia. Padahal, apapun yang ada di dunia ini pasti bakalan dinyinyirin juga. Entah itu baik atau buruk, kita enggak bisa memuaskan apa kata banyak orang.

Dulu, iya tahun lalu mungkin tepatnya, saya masih saja jadi ibu yang baper dan terlalu mikirin kata  orang. Endingnya, saya jadi enggak bahagia sendiri, mau ngapain takut dinyinyirin, mudah emosi dan keluarga jadi imbasnya. Bahkan, saya sampai mengalami krisis kepercayaan pada orang-orang terdekat.
Tapi semua sudah lewat yah, semenjak pertengahan Januari lal…

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS

MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS
MEMBUAT DRUM DENGAN KALENG SUSU BEKAS. Anaknya minum sufor? Banyak kaleng susu bekas? Kenapa enggak dimanfaatin saja buat bikin mainan?


Berawal dari kaleng susu bekas, bisa dibuat permainan loh. Kalau Arjuna itu, kaleng susu bekasnya suka banget buat mainan. Mulai dari disusun sampai setinggi-tingginya sampai dibikin drum.

Dan melihat Arjuna suka mukul-mukul kaleng susu bekasnya dengan ngasal, akhirnya sayapun punya ide, kenapa enggak dibikin drum saja? Alat pemukulnya sendoknya? So, kaleng dan sendoknya bakalan bermanfaat dari pada harus nganggur cantik di tempat sampah.


Oke, mari kita eksekusi, gimana sih caranya bikin drum dari kaleng susu bekas? Yang jelas sih gampang banget. Siapin ajah alat dan bahannya : kaleng susu bekas, sendok susu bekas, rafia, gunting dan solasi.
Cara bikin drum dari kaleng susu bekas : 1.Kumpulin kalengnya jadi satu 2.Lalu ikat dengan rafia (diikat supaya menjadi satu, biar enggak bececeran)

Cara bikin pemukul drum dari send…

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS

DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS


DIY : MEMBUAT CELENGAN DARI KARDUS BEKAS. Akhir-akhir ini, mamah juna lagi rajin banget bikinin mainan sendiri buat Baby Juna. Yups, selain mencari irits, mamah juna juga mau belajar kreatif dan menstimulasi kecerdasan Baby Juna. Selain itu, juga mau mengalihkan perhatian Baby Juna dari tablet dan Thomas.
Baca : MorinagaChil Go, Bekal Masa Depan Untuk Generasi Platinum
Nah, setelah hari Minggu kemarin saya ngajakin Baby Juna mainan Fingger Paint dan Flubby Jelly, maka hari Kamis kemarin saya ngajakin Baby Juna main celengan. Kebetulan sayanya izin lantaran di rumah ada orang meninggal dan enggak ada yang momong Baby Juna.
Sebenarnya, Baby Juna sih sudah dari dulu sering main celeng-celengan. Kalau enggak salah semenjak usianya 17 bulanan. Kala itu sih karena kalau liat uang receh tahunya kerokan (secara saya kalau sakit harus dikerokin emak baru sembuh). Nah, dan kebetulan juga Baby Juna punya celengan. Makanya, saya alihkan ke celengan daripada k…