Skip to main content

SMSBunda : BANTU SELAMATKAN IBU DAN ANAK MELALUI LAYANAN SMS GRATIS

SMSBunda : BANTU SELAMATKAN IBU DAN ANAK MELALUI LAYANAN SMS GRATIS

SMS BUNDA : BANTU SELAMATKAN IBU DAN ANAK MELALUI LAYANAN SMS GRATIS. Hamil dan melahirkan adalah sesuatu yang dinanti-nantikan oleh setiap isteri. Namun, di Indonesia masih banyak sekali ibu-ibu muda yang minim pengetahuan seputar  kehamilan, apalagi jika itu adalah kehamilan pertamanya. Dan di masyarakat juga berkembang mitos-mitos seputar kehamilan. Hingga, tak jarang jika mitos dan minim pengetahuan seputar kehamilan itu justeru menjadi informasi yang salah.



Dan saat ini, Indonesia adalah negara dengan tingkat Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) usia 0 s.d 28 hari, tertinggi di Asia Tenggara.  Kematian bayi baru lahir mencapai 60% dari keseluruhan kematian bayi di bawah usia 1 tahun. Hal ini dikarenakan  karena hanya 53% wanita Indonesia yang mendapatkan informasi mengenai tanda-tanda komplikasi kehamilan.

Dari data hasil Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012, Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia mencapai 359 per 100.000 kelahiran hidup dan Angka Kematian Bayi (AKB) mencapai 32 per 1.000 kelahiran hidup.



Maka dari itu, pada bulan April 2014 hadirlah program SMSBunda yang bertujuan :
1.       Untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang hal yang perlu diantisipasidan layanan kesehatan yang diperlukan selama kehamilan, saat melahirkan dan masa pascapersalinan
2.       Meningkatkan kemampuan ibu untuk mengenalitanda bahaya selama kehamilan dan bulan pertama pascapersalinan

Tentang SMSBunda

SMSBunda adalah suatu program berbasis layanan SMS bebas bayar yang dikembangkan oleh Jhpiego dan GE Foundation untuk menjangkau para ibu hamil dan yang baru melahirkan dengan informasi perawatan antenatal, kelahiran dan pacsakelahiran.



Jhpiego dan GE Foundation menyadari jika penanganan yang cepat dan tepat selama kehamilan dan sesudah kelahiran mampu menyelamatkan nyawa ibu dan bayi yang baru lahir. Bila ibu dan keluarganya memiliki pengetahuan  tentang praktek perawatan kesehatan, tanda pada ibu dan bayi yang baru lahir, mereka akan lebih mampu merawat dirinya dan bayinya, serta paham akan cara mencari penanganan disaat komplikasi terjadi.

Maka dari itu, SMSBunda mengirimkan informasi-informasi ke ibu-ibu hamil maupun ibu baru saja melahirkan  secara langsung.

Tentang Jhpiego

Jhpiego adalah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang keluarga berencana (KB), kesehatan reproduksi, kesehatan ibu dan anak, pencegahan dan pengendalian infeksi HIV & AIDS dan penyakit menular.



Jhpiego telah menjalankan berbagai program kemitraan bersama sektor publik dan swasta di Indonesia sejak tahun 1980. Dan di antara mitra tersebut adalah Kementria Kesehatan Republik Indonesia, the U.S Agency for International Development (USAID), Ford Foundation, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, the John Hopkins Center for Communication Programs dalam berbagai program yang bertujuan untuk menyelamatkan hidup ibu dan anak serta untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas. Selain itu, Jhpiego juga mempunyai program kemitraan dengan perusahaan seperti ExxonMobil, Chevron dan BP untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas  di daerah operasional perusahaan tersebut.

Tentang GE Foundation

GE adalah perusahaan multinasional dalam bidang listrik & air, managemen energi, minyak dan gas, penerbangan, trasportasi kereta api, kesehatan, dan penerbangan. GE sudah ada di Indonesia sejak 40 tahun yang lalu.



GE mempunyai GE Volunteers yang merupakan wadah bagi para karyawan GE yang berkarya sebagai relawan di seluruh dunia. Dan GE Volunteers Indonesia telah menjalankan telah menjalankan berbagai program bakti sosial sejak tahun 1997 di bidang kesehatan maupun pendidikan.

Apakah hanya ibu hamil dan ibu baru saja melahirkan yang bisa bergabung dengan SMSBunda?
Hmm, sebenarnya tidak, ya? Bukan hanya ibu hamil dan ibu yang baru saja melahirkan yang bisa bergabung dengan SMSBunda. Tapi kita semua bisa bergabung dengan program SMSBunda.

Memang sih, SMSBunda ini lebih ditujukan kepada ibu hamil dan ibu yang mempunyai balita usai 0 s.d 2 tahun. Etapi bukan berarti kita semua enggak bisa bergabung dengan SMSBunda. Secara, pengetahuan seputar kehamilan, persalinan dan perawatan bayi wajib diketahui oleh kita semua. Meskipun masih lajang sekalipun.

Lantas, bagaimana caranya bergabung dengan SMSBunda?

Cara bergabung dengan SMSBunda ini mudah sekali, yaitu dengan cara mendaftarkan diri dengan mengirimkan SMS ke nomor 08118 469 468 dengan menyebutkan tanggal perkiraan bersalin (HPL) dengan biaya Rp 300,-. Kemudian, ibu yang terdaftar akan menerima SMS bebas biaya tentang perawatan Antenatal (ANC) dan Postnatal (PNC) sesuai dengan usia kehamilan, mulai dari trimester pertama hingga 42 hari pascapersalinan. Isi pesan tersebut dikembangkan sesuai dengan buku pedoman “Kesehatan Ibu dan Anak” dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seperti mengenali tanda bahaya kehamilan, info gizi, imunisasi, air susu ibu (ASI), akses ke pusat layanan kesehatan dan keluarga berencana.




Sudah banyak sekali ibu-ibu yang bergabung dengan SMSBunda. Data yang diperoleh hingga Februari 2016 sudah mencapai 188.408 lebih ibu yang mendaftar SMSBunda dari 222 kota.




Cara Kerja SMSBunda itu bagaimana?

SMSBunda sengaja dipromosikan di wilayah yang memang sudah menjadi target program melalui kampanye masal. Dan untuk mendukung program tersebut, bidan daerah dibekali pengetahuan tentang layanan SMSBunda dan mengajak para pasiennya untuk mendaftar SMSBunda.




Nah, buat para ibu-ibu, calon ibu, saya rekomendasikan bergabung dengan SMSBunda. Terutama buat para calon ibu yang tengah mengandung. SMSBunda ini bermanfaat sekali, dan pengetahuan seputar kehamilan, persalinan serta perawatan bayi itu wajib diketahui oleh seorang ibu.

Dan enggak Cuma itu ajah loh yang bakalan ibu-ibu dapat dari SMSBunda. Tapi ada juga informasi seputar ASI dan MPASI.






Hamil? Jangan lupa daftar SMSBunda :)

Twitter : @SMSbundaInstagram : @smsbundaFanpage FB : SMSbunda

Comments

  1. Bermanfaat sekali untuk mama muda.

    ReplyDelete
  2. Salut banget sama program SMSBunda dan JHPiego ini. Emang udah well known sih ya. Dan salutnya lagi, mereka juga bisa ajak brand macam Mothercare utk dukung program mereka. Kwereeennn.

    ReplyDelete
  3. Sekarang makin mudah dapat info seputar kehamilan dan perawatan anak, tanpa didampingi ibu atau ibu mertua bisa dapat info lengkap di SMSBunda.
    Coba dari dulu..mungkin saya gak bakalan jadi emak yang payah. Hicks

    ReplyDelete
  4. Go save ibuk by sms bunda ;)

    ReplyDelete
  5. Go save ibuk by sms bunda ;)

    ReplyDelete
  6. Programnya keren ya dan sangat bermanfaat. Semoga banyak yg terbantu dengan adanya SMSBunda

    ReplyDelete
  7. Saya baru tau mbak kalau ternyata bayi bisa meninggal gara gara tidak diberi asi eklusif mengerikan sekali jadi takut mendengarnya.

    ReplyDelete
  8. yuukk segera daftar buat bumil2 di luar sana..bermanfaatbgt

    ReplyDelete
  9. Iya ini program keren. Dan dengan bentuknya yang berupa sms, bisa menjangkau semua kalangan masyarakat. Karena nggak harus pake internet seperti aplikasi.

    ReplyDelete
  10. Angka kematian bayi di sebanyak itu, Mbak? Mengerikan sekali.... semoga SMS Bunda bisa mengurangi AKI & AKB ya

    ReplyDelete
  11. sms bunda ini u memang sangat bermanfaat ya mba

    ReplyDelete
  12. Semoga kampanye smsbunda ini lancar dan tepat sasaran ya, aamiin. Informasi yang dibagikan bermanfaat sekali soalnya.

    ReplyDelete
  13. wah.. aku baru tau nih tentang smsbunda. ternyata yang sudah daftar sudah banyak sekali ya.. memang penting sih untuk para bunda agar tidak lupa dengan jadwal vaksinasi misalnya..

    ReplyDelete

Post a Comment